Anggota DPRD Dukung Perdes Retribusi Desa

520
Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Sekadau, Yodi Setiawan meminta pemerintah segera menangani longsornya tanah di Jembatan Penanjung.

SEKADAU, LK – Rencana beberapa desa membuat Perdes tentang Retribusi Desa, mendapat dukungan dari kalangan legislatif. Satu di antaranya adalh Sementara itu, Yodi Setiawan, Anggota DPRD Sekadau dari Partai Gerindra.

Menurutnya, desa bisa saja melakukan retribusi, terhadap penerbutan surat- menyurat. Namun ia berharap, harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada.

“Yang penting jelas dan ada payung hukumnya. Kalau ada legalitasnya, maka bisa dipertanggungjawabkan, karena sekali lagi ini terkait dengan keuangan,” tuturnya.

Yodi mendasarkan pendapatnya pada realitas yang ada, yaitu terkiat dengan gaji dan pendapatan perangkat desa, yang bisa lima atau bahkan enam bulan sekali baru diterima. Oleh karena itu, dengan adanya Perdes, maka bisa saja operasionalnya berasal dari pengelolaan retribusi.

“Pelayanan maksimal dan prima, bisa terlaksana bila ada dana yang mendukupi. Terkait surat-menyurat yang diurus, seperti surat keterangan, pengantar, SKT dan lainnya, tetap harus disesuaikan dengan harganya, jangan Pemdes menentukan harga semaunya sendiri,” papar Yodi. (asm)

LEAVE A REPLY