Desa Sungai Ayak 1, Punya Sumber Air Bersih Bisa Langsung Minum

5900
AIR BERSIH - Desa Sungai Ayak 1, memiliki potensi sumber air bersih, yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sumber air tersebut berada di Mungguk Dulang. Saat ini, sumber air alami ini dijadikan warga sekitar untuk mengambil air, sebagai kebutuhan minum sehari-hari.

BANYAK sekali potensi alam yang bisa digali di Desa Sungai Ayak 1, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau. Dimulai dari potensi tambang, pengolahan kayu, dan yang sangat besar adalah potensi air bersih.

Desa Sungai Ayak 1, memiliki potensi sumber air bersih, yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.   Sumber air tersebut berada di Mungguk Dulang. Saat ini, sumber air alami ini dijadikan warga sekitar untuk mengambil air, sebagai kebutuhan minum sehari-hari.

Sumber air ini berupa mata air dari rembesan yang mengalir dari sela-sela batu. Adapun tempat penampungan air ini berbentuk dulang, yang sama persis seperti dulang untuk memisahkan emas ketika menambang, makanya disebut dengan Batu Dulang.

“Air di Batu Dulang ini sudah 15 tahun dikonsumsi warga Sei Ayak 1. Airnya benar-benar bersih dan bisa langsung dikonsumsi. Tentunya lebih ekonomis,” tutur Ahmad, pemilik tanah di Munguk Dulang, Desa Sungai Ayak 1, saat ditemui lawangkuari.com, beberapa waktu lalu.

Ahmad menjelaskan, jika warga di sekitar ingin mengambil air di mata air tersebut, ia persilahkan saja. Mereka biasanya membawa peralatan masing-masing, seperti galon, ember, dan wadah lainnya yang bisa menampung air untuk dijadikan air minum.

“Silahkan membawa wadah untuk mengambil  air ini untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka antara lain untuk keperluan rumah tangga, merebus air dan keperluan lainnya. Warga yang mengambil air di sini tidak ada batasan, bahkan jika ada acara pesta pernikahan, ada yang mengambil berkunik-kubik,” paparnya.

Rio, satu di antara warga Sei Ayak mengatakan, sumber air ii tentunya bisa menjadi aset desa. Selain menjadi sumber kehidupan, bisa juga menjadi objek wisata, karena alam di sekitar sumber mata air ini sangat indah.

“Air dari sumber di Mungguk Dulang jernih. Pemandangannya juga indah. Bisa saja orang yang berkunjung ke Sungai Ayak, dibawa ke sini, dikenalkan, sehingga akan menyebar menjadi destinasi wisata,” ujar Rio.

Menurut Rio, bisa saja Pemkab ataupun insntansi terkait mempromosikan bahwa mata air Batu Dulang menjadi ciri khas Desa Sungai Ayak 1, siapa saja yang berkunjung, tidak sah apabila belum meminum atau berkunjung ke Batu Dulang.

Harapan yang sama disampaikan warga lainnyam, Sebi. Menurutnya,  potensi alam yang luar biasa seperti ini bisa dimanfaatkan dan dikelola oleh Pemdes. Sehingga menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PAD), yang seluas-luasnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Kita berharap Pemdes memperhatikan lebih dalam, terkait pemeliharan tempat ini. Bisa dengam dibuatkan bendungan atau embung desa, seperti yang disarankan oleh Presiden Jokowi,” kata Sebi.

Menurut Sebi, bisa saja Pemdes bersama Pemkab mengalirkan air Munggu Dulang ke rumah-rumah warga, dengan desain seperti PDAM. Karena selama ini warga hanya mengandalkan Air Sungai Kapuas dan Sumur Bor untuk keperluan rumah tangga, yang kualitasnya tidak bagus.

“Bisa melalui Dana Desa (DD), karena ini juga menjadi satu di antara prioritas Pemerintah Pusat (Pempus). Adanya bendungan sebagai sarana air bersih, bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat,” pungkasnya. (fjr)

LEAVE A REPLY