Dewan Sekadau Desak Dinkes Akomodir Putra Daerah Dalam Menerima Tenaga Honor Kesehatan

528
TES TERTULIS - Tes tertulis tenaga honor kesehatan di Kabupaten Sekadau beberapa waktu lalu. Anggota DPRD Sekadau, Musa meminta Dinkes untuk mengutamakan putra-putri Sekadau dalam penerimaan ini.

SEKADAU, LK – Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Musa meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) bisa duduk bersama, sebelum memutuskan penerimaan tenaga honor kesehatan. Ia meminta Dinkes mengutamakan putra-putri Sekadau, yang memiliki kompetensi, agar bisa memberikan berkontribusinya.

“Kita bukan bermaksud melobi Dinkes, untuk memasukan keluarga atau tim sukses. Kita hanya meminta Dinkes belajar dan berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, karena terlalu banyak APBD Sekadau membayar tenaga honor daerah dari luar kabupaten,” katanya, saat ditemui lawangkuari.com, Sabtu (4/3/2017).

Dengan mengutamakan putra-putri asli Sekadau, kata Musa bukan bermakdus rasis ataupun tidak menerima siapa saja, tetapi mengutamakan putra-putri Kabupaten Sekadau, menunjukkan bahwa Pemkab bisa memberikan kesempatan mereka membuktikan kemampuannya.

Banyak, lanjut Musa putra-putri Sekadau yang sekolah di bidang kesehatan. Selain itu, saat pemberkasan, panitia juga selalu mensyaratkan fotocopy Kartu Keluarga (KK), sehingga bisa diketahui asal usul para pelamar.

Musa yang berasal dari Dapil tiga, Kecamatan Belitang Hilir, Belitang, dan Belitang Hulu menegaskan, banyak anak Sekadau yang selesai sekolah, dan pulang kampung, karena tidak ada kenalan atau keluarga di dinas terkait, sehingga hanya jadi penonton.

“Inikah yang namanya keadilan sosial, ingat tidak sedikit anak luar Sekadau masuk ke sini numpang jadi PNS, lalu setelah diterima usul pindah ke kampung halaman,” ucap pria dikenal tegas itu.

Sementara anak Sekadau yang sedikit banyak berkontribusi pada PAD, justru menjadi tamu di rumah sendiri. Ia pun minta dengan sangat kepada dinas terkait untuk duduk bersama membahas persoalan ini, mau dibawa kemana tenaga kesehatan kita ke depannya.

“Kalau masih main potong ya kita akan seperti yang sudah-sudah setiap tahunnya dan banyak lagi penonton di rumah sendiri melihat orang bekerja dengan seragam kebanggaan,” papar legislator PDI Perjuangan tersebut.

Plt Kadinkes Sekadau, Emmanuel menegaskan, pihaknya mengutamakan putra-putri Sekadau, yang sudah magang jika ada penerimaan pegawai honor daerah. Dan untuk penerimaan pun tentu harus mengacu pada tes yang akan diselenggarakan.

“Bisa saja, untuk 2017, kami tidak menerima pelamar dari luar daerah, dan memprioritaskan penerimaan tenaga magang. Pada tahun ini, kita menerima hanya 20an orang saja. Untuk seleksinya akan kami lakukam dengan ketat,” paparnya belum lama ini. (asm)

LEAVE A REPLY