Warga Sungai Ringin Gotong Royong Bangun Pos Kamling

821
POS KAMLING - Waka Polres Sekadau, Kompol Adiono Dwi Waluyo, meresmikan Pos Kamling di Ketua RT 015 RW 009, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, yang dibangun secara gotong royong. Kini warga setempat terus menggerakkan ronda malam secara bergiliran.

SEKADAU, LK – Warga Desa Sungai Ringin, sempat resah dengan berbagai kejadian dalam beberapa bulan terakhir. Satu di antaranya adalah ketukan pintu tengah malam. Oleh karena itu, warga pun mengggalakkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Tidak sekedar melakukan Siskamling bergiliran, warga bahkan membangunan Pos Kamling secara gotong royong. Dengan adanya Pos Kamling yang refresentatif, maka Siskamling dengan pola ronda malam, semakin semarak.

Ketua RT 015 RW 009, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Teguh Rahayu menuturkan, pembangunan Pos Kamling ini dilakukan dengan swadaya masyarakat setempat dan Pemdes Sungai Ringin. Ia mengatakan, setelah adanya Siskamling tersebut warga setiap malam melaksanakan ronda.

“Jika ada yang tidak ronda tanpa alasan, jelas ada dendanya. Di RT kami, ada 115 kepala keluarga, dan semuanya bergiliran rodan,” katanya, pasa lawangkuari.com, Selasa (7/3/2017).

Teguh berharap, dengan berdirinya Pos Kamling, yang baru saja diresmikan oleh Wakapolres Sekadau, maka ketertiban dan keamanan lingkungan setempat tetap terjaga.

“Pos Kamling ini baru diresmikan, mudah-mudahan warga senantiasa menjaga giliran ronda malam,” harap Teguh.

Camat Sekadau Hilir, Hermanto mengatakan, menyikapi maraknya kejadian yang meresahkan masyarakat seperti ketukan pintu membuat siskamling aktif kembali. Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang bersama-sama melaksanakan Siskamling.

“Jauh-jauh sebelumnya kami juga telah mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan ronda. Di jalur sutera, hampir semuanya sudah mengaktifkan ronda, bahkan hingga ke desa-desa non jalur sutera seperti Merapi,” kata dia usai kegiatan.

Hal senada juga juga diungkapkan Waka Polres Sekadau, Kompol Adiono Dwi Waluyo. Ia mengatakan, tanggungjawab keamanan bukan hanya tugas Polisi atau TNI saja. Untuk itu, kata dia, perlunya peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan ronda sesuai dengan aturan. Bila ada sesuatu yang dicurigai, lapor kepada polisi jangan main hakim sendiri,” imbaunya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Perwira Penghubung Kodim 1204 Sanggau, Kasat Bimas Polres Sekadau, Kapolsek Sekadau Hilir, Wakapolsek Sekadau Hilir, Tokoh Adat hingga tokoh agama hadir dalam kegiatan tersebut. (asm)

LEAVE A REPLY