Persiapan Matang, Nanga Kiungkang Bertekad Rajai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau 2017

1184
LOMBA DESA - Penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau di Desa Nanga Kiungkang, yang mewakil Kecamatan Nanga Taman, pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau 2017. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Nanga Kiungkang, Muhamdi saat ditemui lawangkuari.com di kantornya, Senin (8/3).

NANGA TAMAN, LK – Desa Nanga Kiungkang, menjadi wakil Kecamatan Nanga Taman, pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau 2017. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Nanga Kiungkang, Muhamdi saat ditemui lawangkuari.com di kantornya, Senin (8/3).

Muhamdi mengatakan, untuk mengikuti kegiatan ini, banyak hal yang telah dipersiapkan. Di antaranya administrasi, yang meliputi dokumentasi bidang, penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, kebencanaan, dan BUMDes.

“Semuanya sudah kita dipersiapkan, terutama mengenai administrasi dan penyelenggaraan pemerintahan desa,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua MUI Kecamatan Nanga Taman ini.

Selain itu, Muhamdi juga bersyukur, karena Desa Nanga Kiungkang terpilih untuk yang kedua kalinya, setelah pada 2015. Hal ini tentunya, berdampak pada peningkatan kinerja aparatur desa dan BPD. Ia berharap, pada keikutsertaan tahun ini, bisa memperbaiki peringkat, karena pada 2015,  hanya mendapat peringkat ke-3.

Camat Nanga Taman, Paulus Ugang mengatakan, terpilihnya Desa Nanga Kiungkang melewati seleksi yang cukup ketat. Pertimbangannya antara lain, sudah memiliki Perdes tentang BUMDes di berbagai bidang usaha. Kemudian masuk kategori desa berkembang, pengelolaan administrasi desa yang baik, dan adanya partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat baik.

Ugang mengatakan, bahwa Pemdes Nanga Kiungkang sangat inovatif dalam pengelolaan kepemerintahan, yang sering membuat program kerja berbasis masyarakat. Hal ini menjadi pertimbangan yang lain terpilihnya Nanga Kiungkang untuk mewakili Kecamatan Nanga Taman.

“Pemdes Nanga Kiungkang sangat inovatif, dan sering membuat program berbasis masyarakat. Hal ini pertimbangan utama,” papar mantan Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Sekadau ini.

Ugang menambahkan, bahwa pihak kecamatan sangat intensif dalam berkoordinasi dan memberikan bimbingan pada Pemdes Nanga Kiungkang. Hal ini dilakukan agar capaian tahun ini bisa maksimal dan dapat berprestasi lagi.

“Kecamatan intens melakukan bimbingan terhadap Pemdes Nanga Kiungkang. Kita mendukung penuh agar desa ini bisa berprestasi,” pungkasnya. (abg)

LEAVE A REPLY