Workshop Penyusunan IKU, Pertajam Pemahaman Penyelenggara Pemerintahan pada Tujuan dan Sasaran Strategis Organisasi

387
WORKSHOP IKU - Pemkab Sekadau menggelar Workshop Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) Kabupaten Sekadau di Hotel Kini, Pontianak, Kamis (9/3/2017), bertujuan mempertajam pemahaman penyelenggara pemerimtah, terhadap ukuran tujuan dan sasaran strategi organisasi.

PONTIANAK, LK – Pelaksanaan Workshop Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) Kabupaten Sekadau di Hotel Kini, Pontianak, Kamis (9/3/2017), bertujuan mempertajam pemahaman penyelenggara pemerimtah, terhadap ukuran tujuan dan sasaran strategi organisasi.

Hal ini disampaikan oleh Panitia Workshop, Adrianto Gondokusumo. Menurutnya, setiap instansi pemerintah, wajib menerapkan indikator kinerja utama secara formal, agar tujuan dan sasaran strategis, bisa dicapai.

“Dengan ditetapkannya, tentu diharapkan akan diperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalam menyelenggarakan manajemen kinerja secara baik. Diperolehnya ukuran keberhasilan tersebut, menjadi pencapaian yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akutabilitas,” kata Adrianto.

Pria yang menjabat sebagai Asisten I Setda Sekadau ini mengatakan, dengan ditetapkannya RPJMD Kabupaten Sekadau tahun 2016-2021, maka Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 21 Tahun 2014, tentang Penetapan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Kabupaten Sekadau, perlu ditinjau ulang.

BACA JUGA : Bupati Berharap Workshop Penyusunan IKU Bisa Katrol Posisi Pemkab dalam Evaluasi Hasil Akuntabilitas Kinerja

Menurutnya, Pemkab Sekadau perlu menetapkan kembali IKU, untuk mengukur tingkat pencapaian dari visi, misi, tujuan dan sasaran RPJMD tahun 2016-2021.

“Berdasarkan hasil evaluasi atas akuntabilita kinerja instansi pemerintah tahun 2016 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, masih banyak kelemahan dakam menyelenggarakan SAKIP Kabupaten Sekadau,” papar Adrianto, yang juga Pj Sekda Kabupaten Sekadau ini.

Pemkab Sekadau, kata dia, akan memanfaatkan indikator kinerja utamanya dalam perencanaan, penganggaran, pengukuran, pelaporan mauapun pemberian penghargaan dan sanksi.

“Oleh sebab itu, untuk tujuan tersebut dipandang perlu dilaksanakan workshop penyusunan IKU Kabupaten Sekadau,” tuturnya.

Dikatakan dia, hal ini juga bertujuan meningkatkan ketepatan berbagai rumusan unsur-unsur kunci dalam perencanaan, seperti tujuan dan sasaran serta indikator kinerja utama yang digunakan untuk menujukan keberhasilan pencapaian target.

“Hal ini juga bertujuan meningkatkan ketepatan dalam menetapkan sasaran strategis, indikator kinerja utama dan target pada perjanjian kinerja 2017,” paparnya.

Bupati Sekadau, Rupinus yang membuka workshop mengatakan, dengan kegiatan ini, maka target dalam dua tahun ke depan, hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja bisa berada pada posisi ‘B’.

Tentunya, kata dia, hal ini bukan hanya menjadi tanggungjawab Bagian Organisasi, Bappeda ataupun Inspektorat, tetapi tanggungjawab semua pihak untuk mewujudkannya.

“Artinya tahun depan kita upayakan dari ‘C’ meningkat ke ‘CC’ dan tahun berikutnya meningkat ke posisi ‘B’,” pungkas Rupinus. (hms)

LEAVE A REPLY