Anggota Pramuka SMAN 1 Belitang Antusias Belajar Surat Rahasia

613
SURAT RAHASIA - Anggota Pramuka Gudep SMAN 1 Belitang, menggelar simulasi pembuatan surat rahasia. Kegiatan ini menjadi satu di antara materi-materin yang diberikan dalam ekstrakurikuler Pramuka di SMAN Sabela, sebutan SMAN 1 Belitang.

SUNGAI AYAK, LK – Gugus Depan (Gudep) Satuan Pramuka SMAN SMAN 1 Belitang, semakin menunjukkan eksistensinya. Ekstrakurikuler wajib ini, menggelar simulasi pembuatan surat rahasia (sandi), pada Jumat (17/3/2017).

Materi surat rahasia, adalah satu di antara kecakapan anggota Pramuka, khususnya di tingkat penggalang. Oleh karena itu, para anggota Pramuka diharuskan bisa memahami dan mengaplikasikan materi ini.

“Ektrakurikuler Pramuka merupakan satu di antara kegiatan penunjang belajar pilihan di SMAN Sabela, sebutan SMAN 1 Belitang. Dan Alhamdulillah, kegiatan ini banyak diminati siswa,” kata pembina pendamping Pramuka SMAN Sabela, Riza Wahyudi, saat ditemui lawangkuari.com.

Menurut Riza, Gugus Depan (Gudep) Pramuka SMAN Sabela, memang sangat aktf dalam pembinaan anggotanya. Selain simulasi pembuatan surat rahasia, kegiatan lainnya adalah tali-temali, Praktik Baris Berbaris, dan pemahaman berbagai kedispilinan dalam aktivitas sehari-hari.

“Materi pembuatan surat rahasia dengan simulasinya, agar para anggota Pramuka tidak bosan. Diharapkan, dengan adanya simulasi ini, mereka bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Pembuatan surat rahasia ini dilakukan dengan formulasi penyatuan potensi alam dan teknologi. Anggota Pramuka Gudep SMAN Sabela diajarkan untuk meracik potensi-potensi tersebut, satu di antaranya adalah bahan-bahan kimia.

“Kita berikan teori terlebih dahulu, kemudian masing-masing regu praktik membuat surat rahasia tersebut. Dan nantinya, mereka akan presentasi kepada semua anggota, hingga mampu memahami pembuatannya,” kata Riza.

Riza berharap, dengan adanya simulasi ini, maka para anggota Pramuka Gudep SMAN Sabela semakin mahir dalam penerapan kecakapan kepramukaan, yang nantinya bisa menjadi modal dalam kehidupan sehari-hari.

“Ekstrakurkuler Pramuka merupakan satu di antara pendidikan life skill, agar siswa-siswi yang tergabung, senantiasa mandiri, terutama saat terjun di masyarakat,” pungkasnya. (mad)

LEAVE A REPLY