Kemenhub Gelontorkan Rp2,6 Miliar untuk Kelanjutan Pembangunan Dermaga Sunyat, di Sungai Asam

391
TINJAU DERMAGA - Tim Kemenhub, bersama ASDP Regional Pontianak, dan Dishub Sekadau, meninjau kondisi pembangunan Dermaga Sunyat, di Desa Sungai Asam, Belitang Hilir, Jumat (17/3/2017). Kemenhub menggelotontorkan dana RP2,6 Miliar untuk kelanjutan pembangunan tersebut.

SUNGAI AYAK, LK – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengucurkan dana sebesar Rp2,6 miliar untuk kelanjutan pembangunan dermaga penyeberangan Sungai Asam. Dana ini diharapkan bisa menyelesaikan pembangunan sarana transportasi di Kecamatan Belitang Hilir.

Sebelum kepastian pengucuran tersebut, Kemenhub, bersama ASDP dan Dishub Sekadau, meninjau langsung kondisi dermaga. Rencananya, Rp2,6 miliar tersebut digunakan untuk memperpanjang akses naik-turunnya kendaraan.

“Pada September 2015, kita laporkan kondisi dermaga, dan akhirnya ditindaklanjuti dengan peninjauan ke lapangan,” kata Fendy, Kadishub Sekadau, saat ditemui lawangkuari.com, Kamis (16/3/2017).

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Camat Sekadau Hulu ini, kelanjutannya pembangunan dermaga baru bisa direalisasikan, saat pihaknya sudah melengkapi dokumen pembangunan.

“Nantinya, ASDP yang mengelola. Dan tahun ini akan ditambah lagi pengerjaannya,” ujat Fendy, yang juga pernah menjabat sebagai Kabag Hukum dan HAM Pemkab Sekadau.

Sementara itu, supervisor ASDP Pontianak, Juliansyah mengatakan, pada dasarnya ada beberapa yang belum efektif di lintasan dermaga. Nantinya, ASDP akan menyediakan kapal (feri) penyeberangan, sehingga lebih simpel sistem kerjanya.

“Sudah ada permintaan Pemkab untuk mengoperasikan kapal tersebut. Namun, kita melihat lagi kondisi dermaganya,” kata Juliansyah.

Menurut Juliansyah, melihat kondisi dermaga yang sekarang, ia mnegakui belum siap beroperasi. Untuk pijakan kendaraannya, harus dipanjang lagi.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Perancangan Bangunan Pelabuhan Sungai dan Danau, Direktorat Prasarana Perhubungan Darat, Kemenhub, Beta Marsudi menjelaskan, jika kelanjutan pembangunan dermaga yang ada di Sunyat merupakan tanggung jawan Pemerintah Pusat (Pempus).

“Secara keseluruhan tidak ada masalah, hanya belum sempurna. Dengan total anggaran mencapai sekitar Rp50 muliar, sesuai rencana pembangunan. Kita sudah tender dan ada pemenang, sehingga tidak lama lagi akan dikerjakan, targetnya september 2017 sudah selesai,” paparnya. (asm)

LEAVE A REPLY