PELITA Mahasiswa HMBSI IKIP PGRI Pontianak, Terangi Bumi CIDAYU

1325
PELITA HMBSI - Kedatangan mahasiswa yang tergabung dalam Kegiatan Peduli Pendidikan Lingkungan dan Etika (PELITA) Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (HMBSI) IKIP PGRI Pontianak, mulai menerangi Bumi CIDAYU, Kecamatan Nanga Taman. Sejak Senin (20/3/2017), ratusan mahasiswa calon guru ini mengabdikan diri.

NANGA TAMAN, LK – Kegiatan Peduli Pendidikan Lingkungan dan Etika (PELITA) Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (HMBSI) IKIP PGRI Pontianak, mulai menerangi Bumi CIDAYU, Kecamatan Nanga Taman. Sejak Senin (20/3/2017), ratusan mahasiswa calon guru ini mengabdikan diri.

Kegiatan tahunan ini merupakan program kepengurusan HMBSI periode 2016-2017. Melalui M Nurdin Syafi’i, Ketua HMBSI, yang menyatakan bahwa PELITA merupakan kegiatan kemahasiswaan untuk mendekatkan diri pada masyarakat.

“Kita berharap, pandangan bahwa mahasiswa hanya berkuliah di kampus, bisa diminimalisir. Mahasiswa juga mampu berorganisasi dan menjadi baga dari masyarakat, terutama dalam mengabdi,” katanya, saat diemui lawangkuari.com.

Dengan PELITA, HMBSI IKIP PGRI menunjukkan, bahwa mahasiswa tidak terus berkarya, dan berusaha menjadi bagian dari pembangunan bangsa, terutama untuk mengentaskan permasalahan dalam dunia pendidikan.

Nurdin menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sepekan lamanya, mulai 18-25 Maret, yang diikuti 241 mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Angkatan 2015 IKIP PGRI Pontianak.

Kegiatan ini menyasar di tujuh titik yaitu SMAN 1, SMKN 1, SMPN 1, SMP Suparna, SDN 1, SDN 2 yang berada di Desa Nanga Taman dan Nanga Mentuka serta SDN 12 di Desa Rirang Jati.

“Adapun bentuk kegiatan selama sepekan ini diisi dengan Kegiatan Belajar Mengajar (Micro Teaching) di kelas. Kemudian ada Bakti Sosial di masyarakat. Saya berharap PELITA tahun ini, bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi masyarakat Nanga Taman,” paparnya.

Locak Martinus, Kepala UPT Dinas Pendidikan di Kecamatan Nanga Taman, menyambut positif kegiatan PELITA ini. Ia berharap kegiatan PELITA yang menyasar sekolah-sekolah dapat menambah motivasi siswa untuk dapat mengenyam pendidikan sampai tingkat perguruan tinggi.

“Bumi CIDAYU, Nanga Taman sangat terbuka untuk kegiatan kemahasiswaan dari IKIP PGRI Pontianak. Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa meningkatkan kerjasama dalam pengamalan Tri Darma perguruan tinggi,” katanya.

Ia berhatap, dengan adanya kegiatan ini, siswa di Nanga Taman termotivasi untuk melanjutkan pendidikan hngga perguruan tinggi. Dengan demikian, maka pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), bisa terus ditingkatkan.

Abang Rusdi, Sekretaris Camat Nanga Taman, dalam sambutannya mengatakan apresiasi setinggi-tingginya pada HMBSI IKIP PGRI Pontianak yang mengadakan kegiatan PELITA di Kecamatan Nanga Taman.

Ia menilai, bahwa kegiatan PELITA selama sepekan ke depan melalui KBM dan Baksos dapat terintegrasi dalam menyukseskan Program LESTARI Camat Nanga Taman, sehingga nantinya dapat meninggalkan kesan yang baik di masyarakat.

“Mudah-mudahan program PELITA HMBSI dapat terintegrasi dalam menyukseskan Program LESTARI Camat Nanga Taman dan akan meninggalkan kesan yang baik di masyarakat Bumi CIDAYU” pungkasnya. (abg)

LEAVE A REPLY