Dua Desa di Nanga Taman Bangun Tempat Pemakamam Umum Muslim

385
Dua desa bertetangga di Kecamatan Nanga Taman, yaitu Desa Nanga Taman dan Nanga Mentuka, bekerjasama membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim. Diharapkan dengan ada TPU ini, maka satu di antara pelaksanaan Fardu Kifayah, semakin mudah.

NANGA TAMAN, LK – Dua desa bertetangga di Kecamatan Nanga Taman, yaitu Desa Nanga Taman dan Nanga Mentuka, bekerjasama membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim. Diharapkan dengan ada TPU ini, maka satu di antara pelaksanaan Fardu Kifayah, semakin mudah.

Menurut ketua panitia pembangunann TPU Muslim, Abang Maspir, TPU ini adalah kebutuhan mendesak. Semuanya berasal dari aspirasi masyarakat, terutama Pengurus Fardhu Kifayah, yang mengurusi TPU Muslim sejak 2016. Mereka mengatakan TPU yang ada saat ini, sudah semakin sempit.

“Ini kebutuhan yang mendesak. Awalnya, kami meminta Pemdes Nanga Taman dan Nanga Mentuka, untuk menganggarkan di APBDes 2017, melalui Dana Desa (DD). Namun, DD 2017, tidak bisa digunakan untuk pembelian tanah TPU Muslim,” kata Abang Maspir, saat ditemui lawangkuari.com, Sabtu (25/3/2017).

Menurut tokoh masyarakat, yang juga mantan Kapolsek Nanga Taman ini, masyarakat pun mengambil langkah, dengan cara gotong-royong atau patungan, setiap Kepala Keluarga (KK). Panitia juga mencari donatur, yang bisa membantu pembelian tanah yang dibutuhkan.

Salehudin, satu di antara pengurus Fardhu Kifayah, mengapresiasi langkah panitia pengadaan TPU ini yang bergerak cepat mencari dana. Ia berharap pada 2017, lokasi TPU yang baru sudah dapat direalisasikan, mengingat lokasi saat ini yang sudah semakin sempit. Bahkan, untuk menghemat lokasi saat ini, pengurus harus mencari lokasi lama yang makamnya sudah hancur untuk pemakaman.

“Saya berharap tahun ini lokasi TPU yang baru sudah bisa direalisasikan. Untuk saat ini, agar menghemat lokasi lama yang sudah sempit, kami biasanya mencari lokasi lama yang makamnya sudah hancur untuk pemakaman,” katanya.

Sementara itu, Alam Suryadi, Kades Nanga Mentuka mengatakan. Pemdes tetap akan mendukung pengadaan tanah ini. Ia menuturkan bahwa Pemdes tetap akan membantu panitia untuk mencari para donatur untuk membiayai pembelian tanah TPU.

“Kita tetap mendukung panitia untuk mencari donatur. Karena kebutuhan ini sangat mendesak, dan harus segera diupayakan,” katanya.

Alam optimis, dengan adanya kerjasama seluruh lapisan masyarakat, maka TPU ini bisa segera direalisasikan. “Seluruh unsur Pemdes, baik Desa Nanga Mentuka maupun Desa Nanga Taman, akan berusaha semaksimal mungkin untuk merealisasikannya tahun ini,” pungkasnya. (abg)

LEAVE A REPLY