Satreskrim Polres Sekadau Ringkus Pencuri Pupuk PT PAM

725
Kasat Reskrim Polres Sekadau, IPTU Muhammad Resky Rizal, mengatakan bahwa dalam Operasi Panah, pihaknya akan meningkatkan pengungkapan kasus-kasus tindak pidana. Satu di antaranya adalah penangkapan pencuri pupuk yang dilakukan oleh petani Kebun, Desa Setuntung, Kecamatan Belitang. Penangkapan tersebut dilakukan pada Jumat (25/3/2017), sekitar pukul 22.00 WIB.

SEKADAU, LK- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sekadau, berhasil menangkap pencuri pupuk milik PT Parn Agro Mas(PAM) di Desa Tapang Pulau, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, tepatnya di gudang pupuk Divisi I.

Penangkapan ini disampaikan Kasat Reskrim Polres Sekadau, IPTU Muhammad Resky Rizal, kepada lawangkuari.com, Senin (27/03/2017).

Kordius yang diduga pelaku pencurian pupuk di PT PAM.. Ia adalah petani Kebun, Desa Setuntung, Kecamatan Belitang. Ia ditangkap oleh Tim Opsnal Sareskri Polres Sekadau, pada Jumat (25/3/2017), sekitar pukul 22.00 WIB

Menurut IPTU Rizal, dalam operasi penangkapan pencurian pupuk ini, pihaknya telah mengamankan Kordius yang diduga pelaku. Ia adalah petani Kebun, Desa Setuntung, Kecamatan Belitang. Penangkapan tersebut dilalukan pada Jumat (25/3/2017), sekitar pukul 22.00 WIB.

“Kami mendapat laporan dari Estate Manajer PT PAM, yaitu Sumidi Matheus (52) dan beberapa saksi. Mereka melihat dua motor keluar dari arah Divisi 1, kemudian pelapor mencoba menghentikan motor tersebut, namun pelaku tidak berhenti, dan menambah kecepatan,” ujarnya.

Pada saat akan digeledah, papar IPTU Rizal, motor pelaku pada saat itu ada muatan yang dibungkus dengan mantel berwarna hijau. Pelapor dan rekannya tidak berhasil mengejar pelaku. Kemudian keesokan harinya, pelapor bersama rekan lainnya mengecek gudang pupuk tersebut dan benar 9 karung pupuk  telah hilang.

“Pelapor pun menyampaikan ke Polres Sekadau. Dan berdasarkn laporan tersebut, Unit Opsnal melakukan penyelidikan dan mendapat informasi bahwa ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang digunakan pelaku  adalah merupakan  karyawan PT PAM yang berdomisili di SP IV, setuntung Kecamatan Belitang,” ungkapnya.

Kemudian, pada Senin (27/3/2017), sekitar pukul 07.30 WIB, Unit Lidik Satreskrim Polres Sekadau langsung mengamankan seseorang yang diduga pelaku.

Kemudian pelaku diinterogasi, sehingga mengakui perbuatannya. Pelaku menjelaskan bahwa sudah dua kali melakukan aksinya. Yang pertama memgambil 2 karung, kemudian yang kedua 3 karung.

“Pelaku membawa 5 karung pupuk menggunakan sepeda motor. Sementara 4 karung masih disimpan di gudang,” beber Perwira Muda kelahiran 1991 tersebut.

Anggota Opsnal Satreskrim pun mengamankan 9 karung pupuk dan satu unit sepeda motor dan kunci gembok. Dan untuk perkembangan lebih lanjut akan segera kami laporkan.

“Dalam rangka Operasi Panah Polres Sekadau, Satrestrim terus menggalakkan kring serse, untuk meningkatkan pengungkapan kasus Curat, Curas, Cubis dan Curanmor. Kita akan bersinergi dengan instansi vertikal dan horizontal dalam pengungkapan Tindak Pidana,” pungkasnya. (asm)

LEAVE A REPLY