TP PKK Sekadau Dorong Perempuan jadi Penopang Penghasilan Keluarga

589
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus saat membuka kegiatan sosialisasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Aula Kantor Camat Belitang Hilir, Rabu (29/3/2017). Dalam agenda itu para perempuan diajak untuk mampu meciptakan usaha dalam menopang penghasilan keluarga.

SUNGAI AYAK, LK – Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sekadau, menggelar sosialisasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Aula Kantor Camat Belitang Hilir, Rabu (29/3/2017). Pada kesempatan itu, para perempuan diharapkan mampu menciptakan usaha dalam menopang penghasilan keluarga.

Camat Belitang Hilir Paulus Misi menuturkan, memberikan pemahaman kepada ibu-ibu khususnya yang berada di daerahnya sangat penting. Ia mengatakan, hal itu menjadi kehormatan sekaligus kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik.

“Kenapa penting? Karena akan disampaikan pemahaman, pengetahuan, wawasan serta keterampilan kepada masyarakat bagaimana berusaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten,” ucap Paulus, di sela-sela kegiatan tersebut.

Ia pun berharap setelah sosilasi ini nanti akan muncul para pengusaha baru, bisa secara berkelompok ataupun perorangan. Untuk itu, dia menekankan kegiatan tersebut harus dimanfaatkan agar pengetahuan tentang wirausaha semakin meningkat.

“Kesempatan ini tidak mudah didapat. Jadi harus dimanfaatkan dengan baik, saya juga sering menyampaikan kepada kepala desa untuk mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu program prioritas yang dilaksanakan oleh PKK. Ia mengajak masyarakat, khususnya perempuan agar mampu menciptakan usaha dalam menopang penghasilan keluarga.

“Banyak sekali yang bisa dilakukan seperti mengikuti ataupun mengadakan pelatihan memasak, membuat kue, anyaman dan lain sebagainya yang masuk dalam kelompok PKK,” jelas Kristina.

Selain itu, PKK desa juga bisa membuat kebun, kolam ikan dalam kelompok atau bahkan masing-masing keluarga. Dia menerangkan, yang mudah dilakukan yaitu memanfaatkan pekarangan rumah seperti menanam sayuran dan lainnya sebagainya.

“Sehingga bisa menunjang pendapatan keluarga. Paling tidak dimulai dari lingkungan keluarga sehingga bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga,” kata dia.

PKK Kabupaten Sekadau saat ini, juga memiliki kebun, pada Musrenbang beberapa waktu lalu, bersama Gubernur dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar mengunjungi sekaligus menanam cabai. Terlebih tahun ini ada gerakan nasional menanam cabai.

“Kita galakkan wanita-wanita daerah untuk mandiri dalam menopang perekonomian keluarga,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Belitang Hilir. (asm)

 

LEAVE A REPLY