Camat Nanga Taman Sampaikan Nota Kesepakatan dengan Masyarakat Desa Senangak untuk Penertiban Ternak

344
Paulus Ugang, Camat Nanga Taman, saat sosialisai kesepakatan tentang penertiban hewan ternak di Desa Senengak.

NANGA TAMAN, LK – Paulus Ugang, Camat Nanga Taman menyampaikan nota kesepakatan dengan seluruh penduduk Desa Senangak. Kesepakatan ini berisikan tentang Penertiban Hewan Ternak, Kamis (30/3/2017).

Dalam sambutannya, Ugang menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi pada seluruh warga yang ada di Desa Senangak yang telah menyetujui adanya penertiban hewan ternak.

Ugang menyampaikan bahwa dengan ditertibkannya hewan ternak maka tidak ada lagi yang berkeliaran di jalan, pekarangan rumah dan kebun warga. Hal ini akan berdampak pada kebersihan dan keamanan lingkungan di Desa Senangak.

“Tidak ada lagi hewan ternak yang berkeliaran seperti Sapi, Kambing dan Babi akan memengaruhi kebersihan dan keamanan lingkungan di Desa Senangak,” katanya.

Ia menambahkan bahwa penertiban hewan ternak ini juga menjadi bagian yang tak terlepaskan dari program LESTARI yang di gagasnya bagi Kecamatan Nanga Taman.

Sementara itu, Salihin Kepala Desa Senangak saat dihubungi lawangkuari.com melalui telepon seluler, mengucapkan terima kasih pada pemilik ternak yang telah menyetujui kesepakatan itu sehari sebelumnya Rabu (29/3/2017). Kesepakatan awal yang dibuat atas inisiasi Camat Nanga Taman di Gedung Pertemuan Umum Kecamatan.

Dalam kesepakatan itu, diatur beberapa hal penting yaitu, hewan ternak dipelihara dengan baik ditempat khusus berupa kandang atau pondok, sehingga tidak berkeliaran dan merusak lingkungan. Kemudian akan ada sanksi tegas, berupa teguran lisan maupun sanksi adat apabila kesepakatan ini dilanggar oleh pemilik ternak.

“Ada sanksi tegas dalam kesepakatan ini mulai dari teguran lisan sampai sanksi adat yang berlaku apabila pemilik ternak melanggar kesepakatan,” katanya.

Salihin juga berharap dengan adanya kesepakatan ini berdampak pada terjaganya kebersihan lingkungan di Desa Senangak.

“Dengan lingkungam yang bersih, warga akan sehat dan generasi muda akan cerdas,” pungkasnya. (abg)

LEAVE A REPLY