Perbaikan Ruas Jalan Belitang dalam Tahap Lelang

469
JALAN RUSAK - Kondisi jalan menuju Belitang Hulu, yang hancur lebur dan tidak bisa dilalui oleh pengendara. Keadaan ini disebabkan musim penghujan dan kendaraan pengangkut sawit yang melebihi kapasitas jalan.

SEKADAU, LK  – Kondisi ruas jalan ke Kecamatan Belitang Hulu sangat memprihatinkan. Jalan tersebut rusak, dan diperparah saat penghujan. Akses jalan yang rusak jelas membuat aktivitas masyarakat terganggu. Terutama menyulitkan pengendara untuk memobilisasi angkutan orang dan barang.

Menanggapi parahnya kerusakan jalan tersebut, Wabup Sekadau, Aloysius menuturkan, banyak keluhan masyarakat yang telah disampaikan ke Pemkab. Untuk itu, Pemkab pun telah menganggarkan perbaikan secara bertahap mulai tahun ini.

“Misalnya di kampung-kampung, masyarakat bilang Pemkab buta matanya, jalan rusak tidak bisa lewat. Karena musim hujan, gimana mau diperbaiki, padahal kita sudah anggarkan,” ujarnya, saat ditemui lawangkuari.com, Kamis (6/4/2017).

Aloy mengatakan, Pemkab berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur jalan. Dikatakannya, ruas jalan di Belitang, akan diperbaiki, karena anggarannya sudah ada.

“Semuanya akan dilakukan sesuai tahapan, baik pelelangan, pengerjaan, dan pemantauan hingga selesai. Kami berharap, masyarakat bisa memahami prosedurnya,” kata dia.

Mengenai ruas jalan Belitang, kata Aloy, salah satunya di Muntik, Pemkab telah meminta perusahaan  untuk memperbaikinya. Perusahaan, kata dia, juga telah memperbaiki ruas jalan yang mengalami rusak parah.

“Karena kondisi cuaca, kondisi alam dan angkutan yang luar biasa, contohnya sawit tiap hari dilalui, kekuatan jalan tidak bertahan. Tidak sesuai dengan muatan yang ada,” jelasnya.

“Terkait jalan, kalau minta masyarakat bersabar, mereka sudah lama bersabar. Tapi bagaimana masyarakat juga ikut memeliharanya, termasuk angkutan jangan membawa beban berlebih, kekuatan jalan hanya 8 ton, kalau bawa muatan hingga 10 ton habis lah,” sambungnya.

Aloy menegaskan, pemerintah telah menganggarkan untuk pembangunan jalan. Ia mengatakan, secara bertahap pemerintah akan membenahi jalan hingga ke kecamatan-kecamatan sehingga aksesnya menjadi lebih baik. Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sekadau, M Ramsyah mengungkapkan, penanganan jalan tersebut akan dilakukan tahun ini. Penanganan tersebut, kata dia, terutama pada jalur Muntik–Balai Sepuak.

“Saat ini dalam pelelangan, kami tidak akan tinggal diam, karena semuanya adalah kewajiban pemerintah, sehingga kami akan perbaiki sesuai kapasitasnya,”papar Ramsyah. (asm)

 

LEAVE A REPLY