Pemkab Sekadau Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Melalui Penyediaan Alsintan

532
Wabup Sekadau, Aloysius menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor tangan, yang akan dimanfaatkan Poktan untuk meningkatkan hasil pertanian.

SEKADAU, LK – Pemkab Sekadau terus berusaha meningkatkan kesejahteraan petani. Satu di antaranya adalah dengan menyediakan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Pada Senin (3/4/2017) Alsintan diserahkan ke Gapoktan di Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu.

Bantuan tersebut diberikan sekaligus untuk memacu semangat para petani untuk bekerja sehingga hasil yang didapat lebih baik lagi. Perwakilan Gapoktan Desa Rawak Hulu, Alamsyah bersyukur dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Ia mengatakan, pihaknya menggalakan yaitu pertanian agribisnis murni yang ingin dicapai.

“Kami berharap petani tidak hanya menanam, tapi juga berhasil untuk keberhasilan sendiri namun bagaimana mendapatkan pemasukan dari hasil pertanian,” ucapnya.

Bantuan tersebut, kata dia, merupakan sarana yang sangat mendukung para petani. Apalagi, setidaknya ada 15 Poktan yang aktif menanam padi bahkan dengan luas tanam yang cukup besar.

“Sekarang menanam padi dua kali setahun. Semua kelompok tani sudah sadar sehingga diharapkan kedepan hasil pertanian semakin baik lagi,” kata dia.

Kades Rawak Hulu, Budi mengatakan, 15 Poktan yang aktif tersebut bertekad membawa kemajuan dan kesejahteraan, sehingga para petani mampu mewujudkan kemandirian pangan secara nasional di Kabupaten Sekadau.

“Hanya ada yang belum berhasil, untuk itu jangan putus asa terus berusaha. Mudah-mudahan nanti bisa berhasil,” ungkap Budi.

Ia juga berharap, apa yang dihasilkan dari petanian tidak hanya untuk sendiri melainkan bisa dijual untuk menambah penghasilan para petani. Pemerintah, kata dia, telah membantu dengan sarana dan prasarana sehingga perlu didukung program pemerintah.

“Peralatan yang ada menjadi aset bagi petani jadi harus dirawat dengan baik. Jangan disia-siakan dan harus dimanfaatkan dengan baik,” pintanya.

Camat Sekadau Hulu, Yangsun mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan yang diberikan pemerintah daerah. Selanjutnya, kata dia, salah satu yang menjadi prioritas nasional adalah meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.

“Ini dalam rangka menuju swasembada pangan. Memang banyak hal yang bisa mempengaruhi produksi pertanian tapi dengan tekad dan kemauan bersama tentu hal itu bisa dicapai apalagi pemeritan telah memberikan bantuan,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau Albertus Pinus mengatakan, bantuan yang disampaikan pemerintah untuk memotivasi para kelompok tani yang ada di Kabupaten Sekadau. Saat ini, kata dia, tidak ada lagi kelompok tani abal-abal karena sudah diperkuat oleh pemerintah dengan banyak memberikan bantuan.

“Ini tentunya untuk mendorong keberhasilan para petani. Pemerintah daerah juga akan berusaha mencaria alat pertaian sehingga bisa dimanfaatkan kelompok tani,” tegasnya.

Politisi Fraksi Partai PDI Perjuangan itu meminta, alat pertanian yang ada harus dimanfaatkan dengan baik. DPRD, kata dia, berkomitmen tidak akan menghambat program pemerintah bahkan mendukung apa yang menjadi program pemerintah.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Sekadau Aloysius. Ia menuturakn, bantuan tersebut untuk memberikan motivasi kerja sehingga bisa berhasil. Pihaknya, kata dia, juga telah menginventarisir alat pertanian.

“Sehingga tidak menumpuk di satu tempat. Nanti akan diusulkan ke pusat untuk alat-alat pertanian tetapi diusahakan secara bertahap,” tuturnya.

Ia juga berharap para petani memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin. Hal ini, tentu untuk mencapai hasil yang lebih baik. “Ini perlu sinergisitas dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sekadau,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Forkopimka Kecamatan Sekadau Hulu, tokoh agama, masyarakat hingga tokoh adat turut hadir dalam kegiatan tersebut. (asm)

LEAVE A REPLY