Wabup Aloysius Wajibkan Seluruh Anak Sekadau untuk Sekolah, karena Pemkab Sudah Bangun Gedung Sekolah

377
Wabup Sekadau, Aloysius menyalami warga SD Negeri 39 Dusun Kiatak, Desa Cupang Gading, Kecamatan Sekadau Hulu, saat peresmian gedung SD tersebut, Senin (3/4/2017).

SEKADAU, LK  – Wabup Sekadau Aloysius, mengatakan semua anak di Sekadau wajib mendapatkan pendidikan yang layak sesuai tingkatannya. Pernyataan ini disampaikan Wabup Aloy saat meresmikan SD Negeri 39 Dusun Kiatak, Desa Cupang Gading, Kecamatan Sekadau Hulu, Senin (3/4/2017).

Wabup Aloy berharap, dengan dibangunnya sekolah tersebut, maka tidak ada lagi anak-anak yang tidak bersekolah, khususnya yang ada di wilayah tersebut.

“Saya sangat bahagia melihat pembangunan sekolah ini. Dengan selesainya pembangunanya sekolah ini, maka anak-anak bisa belajar tanpa harus menempuh jarak yang jauh,” papar Wabup Aloy, kepada lawangkuari.com.

“Merupakan komitmen bersama untuk terus mendorong agar anak-anak sekolah. Mereka adalah harapan-harapan bangsa di masa depan,” ujarnya.

Menurut Aloy, Pemkab telah membangun sekolah dan sudah seharusnya anak-anak bersekolah. Pemerintah juga terus memperhatikan sarana dan infrastruktur yang ada, dan semuanya dilakukan secara bertahap.

“Kalau ada yang tidak sekolah, suruh sekolah, sekolah di Sekadau gratis, tidak membayar sepersen pun,’ kata Wabup yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Sekadau tersebut.

Aloy mengatakan, pada perkembangannya, maka di sekolah tersebut perlu dibangun toilet yang refresentatif dan letaknya terpisah dari sekolah. Hal ini, kata dia, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

“Kami terus berupaya membangun fasilitas-fasilitas yang baik bagi masyarakat, termasuk sarana dan prasarana pendukung,” tegas Politisi PDIP ini.

Sementara itu, Camat Sekadau Hulu, Yangsun mengatakan, di Desa Cupang Gading ada lima dusun, dan semuanya sudah memiliki SD. Yangsun pun sangat mengapresiasi Pemkab yang telah membangun SD ini.

“Sebelumnya, anak-anak Cupang Gading, harus menempuh jarak yang cukup jauh. Demikian pula masuk sekolah sudah melampaui usianya. Pertimbangannya yaitu kemampuan berjalan kaki, keamanan, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Namun, kata Yangsun, dengan kondisi yang sudah berubah anak-anak tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh untuk sekolah. Ia berharap, dengan dibangunnya sekolah program wajib belajar bisa terpenuhi, khsususnya masyarakat Desa Cupang Gading.

“Tidak ada alasan sekolahnya jauh dan seterusnya. Kami juga mengimbau kepada orang tua memberikan motivasi kepada anaknya agar bersekolah, supaya sekolah dan lulus seusai usainya,” pintanya.

“Jangan sampai sekolah sudah ada, dekat tapi justru anak-anak ada yang tidak sekolah. Makanya anak-anak perlu dimotivasi agar bersekolah,” sambungnya.

Selain itu, ia juga meminta agar fasilitas yang sudah dibangun tersebut dijaga dengan baik. Ia juga meminta peran serta semua lapisan masyarakat khususnya yang berada di Dusun Kiatak untuk menjaga dan memelihara fasilitas tersebut.

“Yang punya ternak, jangan dibiarkan lepas atau berkeliaran. Sehingga tidak mengganggu lingkungan sekolah maupun masyarakat, apalagi pembangunan sudah banyak yang masuk ke wilayah ini, jadi harus dijaga bersama-sama,” pungkasnya. (asm)

LEAVE A REPLY