Warga Kumpang Bis Keluhkan Jembatan Sempali yang Rusak Berat

439
IST
Kondisi jembatan di Dusun Semadu Desa Kumpang Bis Kecamatan Belitang Hilir rusak berat. Masyarakat berharap kondisi tersebut mendapat perhatian sebab jembatan itu merupakan akses vital bagi masyarakat setempat.

SEKADAU, LK – Warga Dusun Semadu, Desa Kumpang Bis, Kecamatan Belitang Hilir, mengeluhkan kondisi jembatan di wilayah merekyang rusak berat. Rusaknya jembatan tersebut, sangat berpengaruh pada akses mobilitas bagi masyarakat setempat.

Diungkapkan Oktavianus Firdaus, Tokoh Pemuda Dudun Semadu, rusaknya Jembatan Sungai Sempali tersebut berdampak besar kelancaran, akses  bagi warga setempat yang setiap hari dalam beraktivitas melewati jambatan rusak itu.

“Jembatan itu dibangun sejak dua tahun lalu, jambatan itu sudah sangat memprihatin, karena membahayakan warga yang melewatinya. Kerusakan itu dikarenakan usia, kayu gelegar penyangga, serta lantai bayak rusak, patah. Lantai jembatan juga sudah rapuh, ditambah seringnya di lewati muatan berat dari truk pengangkut buah sawit milik perusahan sawit sekitar,” papar Okta, saat ditemui lawangkuari.com.

Ia membahkan jambatan yang terbuat dari kayu bulat itu kian ambruk. Untuk itu, kata dia, perlunya perhatian pemerintah daerah melaui dinas terkait dan perusahan untuk mengatasi kondisi tersebut.

“Kasian warga kita disana yang bawa anak melintasi jambatan dengan kondisi jambatan rusak dan harus ekstra hati-hati apalagi banjir karena bisa mengancam keselamatan. Karena dikhawatirkan jembatanya bisa ambruk terbawa aur sungai,” katanya.

Sementara itu, Heri Handoko Kabid Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau mengatakan, pada tahun ini pihaknya belum menganggarkan jembatan dusun semadu desa Kumpnag Bis Kecamatan Belitang Hilir.

“Kita belum bisa anggarkan untuk jembatan itu, dan diharapkan masyarakat bisa mengusul kepada kami. Nanti akan tinjau ke lapangan sehingga menjdi dasar untuk dimemasukan ke anggaran tahun 2018 mendatang,” ungkap Heri.

Jika jembatan itu, kata Heri, dalam kondisi sangat parah dan apalagi jembatan itu merupakan akses vital bagi masyarakat. “Tentu akan kami analisa lagi apakah bisa dianggarkan tahun ini, tetapi itu harus sesuai dan sesuai juga dengan dana yang ada,” pungkasnya. (asm)

LEAVE A REPLY