Nanga Kiungkang Wakili Kabupaten Sekadau pada Lomba Desa Tingkat Provinsi

423
Humas Pemkab Sekadau - Pj Sekda Sekadau, Adrianto Gondokusumo, menyalami perangkat Desa Nanga Kiungkang, saat penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi, Selasa (18/4/2017).

SEKADAU, SP – Desa Nanga Kiungkang, Kecamatan Nanga Taman, terpilih mewakili Kabupaten Sekadau, untuk Lomba Desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Penentuan ini berdasarkan penilaian hasil Lomba Desa, yang dilaksanakan pada Selasa (18/04/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut, OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Forkompinka Nanga Taman, Kades se-Kecamatan Nanga Taman, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, dan anggota DPRD Kabupaten Sekadau.

Berdasarkan rilis dari Adrianus Opang, Bagian Humas Pemkab Sekadau, yang diterima redaksi lawangkauri.com, Selasa (18/4/2017), Pj Sekda Kabupaten Sekadau, Adrianto Gondokusumo mengatakan, peserta lomba adalah desa atau kelurahan yang cepat berkembang. Perkembangan itu, kata dia, desa yang telah melalui evaluasi berjenjang.

“Berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi dan Perkembangan Desa dan Kelurahan sudah sangat jelas. Lomba desa ini merupakan salah satu upaya untu mewujudkan amanat tersebut,” ujarnya.

Dikatakan dia, disetiap ajang perlombaan tntu semua berharap untuk meraih prestasi. Namun, juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan.

“Tapi yang paling penting bagaimana keberlanjutan program sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” papar Adrianto.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalbar, Syarif Ardiman mengataakn, Lomba Desa merupakan indikator mengukur tingkat keberhasilan kepala desa dan jajarannya membangun desa. Tentu penilaian itu, meliputi berbagai bidang yang ada seperti kesehatan, administrasi desa dan lain sebagainya.

“Kandidat akan diseleksi untuk menentukan juara 1, 2 dan 3 tingkat provinsi Kalbar. Sedangkan pemenang akan diundang ke istana dan menerima pengahrgaan serta mengikuti temu karya nasional,” ujar Syarif.

Dengan penilaian ini, secara resmi Desa Nanga Kiungkang, dipastikan mewakili Kabupaten Sekadau yang akan bersaing dengan 11 desa lainnya di Kalbar. Adapun pengumuman pemenang Lomba Desa akan dilakukan pada akhir Juni 2017.

“Nantinya, pemenanga di tingkat provinsi akan dikirim ke tingkat nasional. Para pemenang akan diundang oleh presiden pada peringatan HUT RI di Istana Negara,” katanya. (hms/amy)

 

LEAVE A REPLY