Diguyur Hujan Sembilan Jam, Pasar Mahap Dilahap Banjir

333
Banjir melanda Kecamatan Nanga Mahap, karena diguyur hujan sembilan jam lamanta. Satu di antara tempat terparah adalah Pasar Mahap.

SEKADAU, LK – Diguyur hujan hingga sembilan jam sejak Selasa (18/4/2017) malam WIB, pusat Kota Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, terendam banjir hingga mencapai mata kaki orang dewasa.

Hal ini disampaikan Anggota Tanggap Darurat Bencana(TAGANA) Kecamatan Nanga Mahap, Agus. Menurutnya, hujan sejak Selasa mengakibat warga Dusun Tanjung, Desa Nanga Mahap, harus resah dengan kedatangan air di rumahnya.

“Kondisi ini dikarenakan hujan yang lumayan lama sehingga mengakibatkan banjir, dan sempat masuk kategori waspada. dan hujan dimulai pukul 19.30 – 4.00 (9jam) malam sehingga air sungai sekadau meluap berwana kuning,” ujarnya kepada lawangkuari.com, Rabu (19/4/2017).

Dikatakan Agus, hujan di hulu Nanga Mahap, terjadi karena danya penggusuran lahan oleh pihak perusahaan sehingga air dengan derasnya turun ke Mahap langsung banjir dan juga menggenangi pusat pasar Kota Nanga Mahap.

“Apalagi di Kota Mahap di apit oleh dua Sungai yaitu Sungai Sekadau dan Sungai Mahap yang bertemu di di daerah dinamakan Tanjung (muara), dan kita juga menyampaikan info kepada warga agar terus waspada, apalagi saat ini hujan masih mengguyur,”ungkapnya.

Kondisi banjir tersebut karena hujan yang mengguyur daerah perhuluan. Hal ini, kemudian membuat ketinggian air naik hingga menggenangi kawasan permukiman penduduk meski ketinggian airnya masih dibawah satu meter. (asm)

LEAVE A REPLY