Pemkab Akui Perbaikan Ruas Jalan Belitang Bertahap

354
Jalan Belitang yang rusakl parah, terutama saat musim penghujan, yang semapt menyebabkan kendaraan terbenam.

SEKADAU, LK – Kerusakan ruas jalan di tiga titik terparah, yaitu SP V Desa Padak, perbatasan Dusun Muntik-Kumpag Ilong Desa Nanga Ansar, Kecamatan Belitang, dan Jalan Kumpang Ilong Bak Merat, mendapat perhatian Pemkab Sekadau.

Pemkab telah menganggarkan untuk pembangunan jalan di Belitang, pembangunan itu akan dilakukan secara bertahap. Pihak perusahaan juga diharapkan untuk turut serta memperbaiki kondisi jalan yang rusak tersebut sehingga arus transportasi berjalan dengan lancar.

BACA JUGA: Jalan Rusak di Belitang Kembali Memakan Korban, Pasien Sulit Dirujuk ke RSUD Sekadau
Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menuturkan, kondisi jalan yang rusak diperparah dengan musim hujan. Ia pun tak menampik banyaknya keluhan masyarakat mengenai kondisi jalan yang rusak.

Aloy mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus membangun salah satunya infrastruktur jalan. Dikatakan dia, untuk ruas jalan di Belitang tahun ini juga telah dianggarkan.

“Cuma masih dalam tahapan, baik masa pelelangan, ini dan segala macamnya,” kata dia.

Mengenai ruas jalan Belitang, kata Aloy, salah satunya di Muntik pihaknya juga telah meminta perusahaan  untuk memperbaikinya. Perusahaan, kata dia, juga telah memperbaiki ruas jalan yang mengalami rusak parah.

“Karena kondisi cuaca, kondisi alam dan angkutan yang luar biasa, contohnya sawit tiap hari dilalui, kekuatan jalan tidak bertahan. Tidak sesuai dengan muatan yang ada,” jelasnya.

“Terkait jalan, kalau minta masyarakat bersabar, mereka sudah lama bersabar. Tapi bagaimana masyarakat juga ikut memeliharanya, termasuk angkutan jangan membawa beban berlebih, kekuatan jalan hanya 8 ton, kalau bawa muatan hingga 10 ton habis lah,” sambungnya.

Aloy menegaskan, pemerintah telah menganggarkan untuk pembangunan jalan. Ia mengatakan, secara bertahap pemerintah akan membenahi jalan hingga ke kecamatan-kecamatan sehingga aksesnya menjadi lebih baik.

“Nantinya bagaimana masyarakat  menjaga sarana transportasi,” paparnya.

Sebelumnya Kabid Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau Heri Handoko mengatakan, untuk jalan wilyah belitang sudah dilakukan pelelangan.

“Tinggal eksen di lapangan di pertengahan tahun ini, dan jalan belitang tahun 2016 juga sudah dilakukan pengaspalan,untuk tahun ini merupakan kelanjutan pembangunan secara bertahap,” ungkapnya. (asm)

LEAVE A REPLY