Bupati Sekadau Resmikan Gereja St Gabriel Stasi Ensali Paroki Sekadau

500
Bupati Sekadau,Rupinus, memberikan sambutan saat peresmian Gereja Katolik St Gabriel, Dusun Sensali, Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir, Minggu (23/4/2017). Peresmian dihadiri oleh Uskup Sanggau, Mgr Gulio Mencuccuni, CP. Wabup Sekadau Aloysius, Ketua Penggerak PKK sekadau, Ny Kristina Rupinus, dan Ketua GOW Sekadau, NyVixtina Heri Suprianti Aloysius, serta jajaran Forkompincam Sekadau Hilir, serta tokoh masyarakat.

SEKADAU,LK – Umat Katolik Dusun Ensali, Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir sangat berbangga hati. Hal ini dikarenakan telah diiresmikannya Gereja Katolik St Gabriel.

Peresmian dilakukan oleh Bupati Sekadau Rupinus, Minggu (23/4/2017). Peresmian dihadiri oleh Uskup Sanggau, Mgr Gulio Mencuccuni, CP. Wabup Sekadau Aloysius, Ketua Penggerak PKK sekadau, Ny Kristina Rupinus, dan Ketua GOW Sekadau, NyVixtina Heri Suprianti Aloysius, serta jajaran Forkompincam Sekadau Hilir, serta tokoh masyarakat.

Selain peresmian Gereja Katolik dilaksanakan juga jamuan kudus bagi umat. Gereja sendiri terlebih dulu dilakukan pemberkatan oleh Uskup  Mgr Gulio Mencucini CP.

Ketua panitia, Gabriel Achang mengatakan peletakan batu pertama dilaksanakan pada (4/9/2016). Adapun bantuan diterima panitia Rp311 juta. Kemudian dari Pemkab Rp200 juta, Rp60 juta dari umat, dan donatur lainnya sekitar Rp30 juta. Dari Pastor Paroki Rp21 juta. Adapun luas bangunan 8×18 meter.

“Dan sekarang sudah diresmikan, artinya Antusias masyarakat untuk membangun dan sangat didukung oleh pemerintah menjadi semangat umat untuk terus meningkatkan kegiatan keagamaan khususnya umat katolik Desa Ensalang,” ungkapnya.

Apalagi, kata dia, Bupati Sekadau sangat mendukung kegiatan keagamaan dan terus membangun bangunan ibadah Di Kabupaten Sekadau.

“Kita masyarakat sangat berterimakasih besar atas peran serta pemkab dalam membangun rumah ibadah di kabupaten sekadau,”ucapnya.

Sementara itu Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, pihaknya dalam membangun tempat ibadah di sejumlah daerah di kabupaten sekadau adalah suatu yang wajib apalagi ini merupakan kebutuhan umat.

“Pemerintah akan selalu mendukung segal upaya umat dalam menjalankan pembangunan rumah ibadah tampa terkecuali,pembangunan gereja Katolik St Gabriel merupakan wujud upaya umat dalam mensukseskan kehidupan beragama serta mempererat tali persatuan,”ujarnya.

pada kesempatan ini juga bupati berharap rumah ibadah yang telah dibangun supaya dirawat serta ditanami pohon supaya tampak hijau dan sejuk.

“Agar umat beribadah selalu dalam kesejukan hati,”pungkas mantan wakil bupati itu.

Uskup Sanggau Mgr Gulio Mencucini, CP yang juga sekaligus melakukan pemberkatan Gereja menyampaikan,diharapkan kepada umat Katolik desa. Ensalang terus meningkatkan keiamanannya apalagi. Rumah ibadah sudah dibangun dengan baik.

“terimakasih atas partisipasi umat dalam menyukseskan berdirinya pembangunan gereja. Saya mengimbau umat agar senantiasa menyesuaikan dan meningkatkan ibadahnya dan keimanannya,” ungkapnya. (asm)

LEAVE A REPLY