Masyarakat Desa Rirang Jati Keluhkan Jembatan Kenolan yang Rusak Parah

360
Jembatan Kenolan, yang menghubungkan Dusun Gerinis, Desa Rirang Jati ke Dusun Kenolan, rusak parah. Kondisi ini sudah terjadi sejak 2014, namun belum ada tanda-tanda akan diperbaiki oleh pihak terkait.

NANGA TAMAN, LK – Jembatan Kenolan, yang menghubungkan Dusun Gerinis, Desa Rirang Jati ke Dusun Kenolan, rusak parah. Kondisi ini sudah terjadi sejak 2014, namun belum ada tanda-tanda akan diperbaiki oleh pihak terkait.

Menurut Kepala Desa Rirang Jati, Suhardian, jembatan dengan panjang 30 meter tersebut hanya bisa dilalui oleh seunit sepeda motor. Kerusakan jembatan tersebut dikarena tergerus derasnya air Sungai Taman.

“Ujung jembatan kini dialas dengan beberapa papan, agar tidak ambruk. Sebenarnya jembatan ini sudah tidak layak digunakan lagi, namun masyarakat terpaksa tetap melewatinya,” kata Suhardian, saat dihubungi lawangkuari.com, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya, masyarakat tetap melewati jembatan tersebut karena akses alternatif jalan lain yang bisa dilalui oleh warga setempat hanya dengan memutar jalan lain, dan jaraknya sangat jauh. Sehingga warga cenderung memaksakan melewati jembatan tersebut.

“Kalau mutar harus dari Nanga Taman. Sebenarnya rawan sekali lewat jembatan ini, namun tidak ada pilihan lain, selain memutar,” ujarnya.

Suhardian mengaku pihaknya juga telah mengajukan perbaikan tersebut kepada Pemkab, namun belum mendapat tanggapan. Jika dalam kurun waktu dekat tidak ditangani oleh Pemkab, bisa saja akan diperbaiki oleh desa, namun dilakukan secara bertahap.

Kabid Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sekadau, Tomi Oktavianus, mengaku belum mengetahui dan baru tahu kondisi jembatan Sungai Taman dari Kenolan menuju Gerinis Desa Rirang Jati, Kecamatan Nanga Taman, dan akan segera mengecek ke lapangan.

“Perbaikan jembatan akan dimasukkan dalam anggaran APBD 2018, karena APBD 2017 sudah ketok palu. Kami akan berkoordinasi dengan Kades, siapa tahu bisa nelalui ADD dan DD, kalau darurat, saya yakinbisa lewat ADD,” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Servasius Selasio juga akan mengecek ke lapangan terkait kondisi jembatan Sungai Taman. “Kita tidak tahu kondisi sebenarnya seperti apa? Untuk itu, pihak terkait harus mengecek ke lapangan,” katanya.

Menurutnya pula, sebenarnya masyarakat bisa menyampaikan keluhan-keluhan seperti tersebut kepada anggota DPRD Sekadau. Legislator daerah Fraksi Partai Hanura ini berharap kondisi tersebut ditanggapi oleh Pemkab. (asm)

 

 

LEAVE A REPLY