SMA Negeri 1 Belitang Hulu Adakan Pesantren Kilat

157
Pesantren kilat di SMA Negeri 1 Belitang Hulu

BALAI SEPUAK, LK – Kegiatan pesantren kilat yang dilakukan oleh SMAN 1 kecamatan belitang hulu berjalan dengan lancar dan penuh hikmad, setidaknya ada 69 siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang diberi nama ‘Pesantren kilat ramadhan 1438 H’, diadakan Selama tiga hari akan diisi dengan tausiyah dan pemahaman tentang keagamaan kepada siswa-siswi.

Pembina Rohis SMAN 1 Belitang Hulu Fauzy Mardian mengatakan, kegiatan pesantren kilat ini dalam akan disampaikan beberapa ilmu tentang keagamaan. “Kita fokuskan kegiatan ini di masjid Nuruh Hidayh Desa Balai Sepuak, dan anak-anak nanti kita berikan materi tentang keagamaan sebagai bekal mereka untuk menjalankan hidup,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, menurut Fauzy, pesantren kilat ini adalah salah satu wahan alternatif yang menmapung juga Kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT.

“Kemudian bagi siswa beragama Islam ada beberapa nilai yang terkandung dalam tata cara kehidupan pesantren kilat ini, antara lain pertama adanya suasana kebersamaan dan kesederhanaan, adanya suasana keakraban dan keluargaan, kedua adanya peningkatan pengalaman serta penghayatan pada praktek dalam kehidupan sehari-hari,” kata Fauzy.

Namun tujuan utama dari pesantren kilat ini, dikatakan dia, adalah  memupuk keimanan dan ketakwaan  siswa serta mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan amal dan ibadah.

“Dengan tema kita kali  ‘mari perbaiki diri di bulan suci,raih sejahtera di bulan Rahmat ,menuju taubat di bulan ampunan ,agar menjadi pribadi yang agamis berprestasi dan inovatif’. Saya rasa tema ini cocok disampaikan karena sesuai dengan perkembangan zaman, bahwa anak-anak sekarang harus berprestasi dan inovatif serta dalam berkehidupan berkeagamaan sikap toleran harus diterapkan juga demi menunjang ukhuwah antar sesama manusia,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir KUA Belitang Hulu, Chairuddin yang dalam kesempatan ini juga memberi arahan kepada para peserta pesantren kilat yang dilaksanakan di lokasi desa balai sepuak. “Kami dari KUA sangat menyambut baik kegiatan anak-anak remaja islam dan mensuport atas kegiatan yang dilaksanakan  oleh panitia pelaksana pesantren kilat tersebut,” ujarnya dihadapan peserta pesantren kilat.

Pihaknya berharap, semangat dari remaja-remaja islam harus tetap tumbuh untuk membangun ukhuwah islamiyah dan ukhuwah watoniyah, agar menciptakan generasi muda yang baik dan berkualitas nantinya. “Kedepannya kita inginkan kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan baik dan terus berkembang,” pungkasnya. (ade)

LEAVE A REPLY