360 Kotak Makanan Ibu Hamil Disebar ke Kecamatan Belitang Hilir

280
Kotak makanantambahan untuk ibu hamil akan didistribusikan

SUNGAI AYAK, LK – Dalam rangka menunjang progam Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, untuk mendukung kesehatan gizi ibu hamil makanan tambahan dan makanan pendamping (MP) yang didistribusikan langsung ke Puskesmas di Kabupaten Sekadau, salah satunya di Puskesmas Belitang Hilir. Sedikitnya, terdapat 360 kotak makanan ibu hamil dan 96 kotak makanan tambahan, siap didistribusikan ke wilayah Kecamatan Belitang Hilir.

Pj Program Gizi, Puskesmas Belitang Hilir, Yuli Supriana mengatakan, dalam distribusi tersebut terdapat MP ASI 96 kotak dan makanan tambahan ibu hamil sebanyak 360 kotak yang telah disalurkan sesuai dengan wilayah yang ditentukan pihaknya.

“Makanan tambahan dan makanan pendamping ibu hamil akan didistribusikan masing-masing ke Pustu, Poskesdes, Polindes sesuai dengan kebutuhan dan jumlah ibu hamil. Dan jumlah ibu hamil yang memiliki ketidak seimbangan gizi ibu hamil yang sesuai,” ujarnya kepada lawangkuari.com belum lama ini.

Dikatakan Yuli sapaan akrabnya, berharap bulan depan semua barang-barang makanan ini sudah di distribusikan ke masing-masing petugas kesehatan ygang berada di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir.

“Hampir rata dari belasan desa yang ada di Kecamatan ini mendapatkan bantuan ini, jadi kemungkinan bulan depan Sudah bisa tersalurkan semua dan segera dikosumsi oleh Ibu hamil,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sungai Ayak, Lukas mengatakan, pihaknya akan berusaha memaksimalkan progam pemerintah. “Karena banyak masyarakat di pukesmas ini yang akan bertatap wajah langsung dengan masyarakaat jadi semua keluahan masyarakat di bidang kesehatan, termaksud program gizi ini bagian dari progam pencegahan, pengurangan AKI(angka kematian ibu) dan AKA (angka kematian anak),” ungkap Lukas.

Lukas juga menuturkan, bahwa di wilayahnya kejadian AKI sangat rendah. “Dari 100% hanya 0.6% sekian ajaah yang terjadi, jadi harapan kita dengan adanya program dari pemerintah pusat tentang makanan pendamping dan makanan ibu hamil ini tentu harus bermanfaat, dan kami juga bisa menjadi perantara antar masyarakat dan pemerintah pusat untuk mensukseskan progam kesehatan terutama di bidang gizi,” tukasnya. (fjr)

LEAVE A REPLY