Semarak Idul Fitri, Warga Desa Belitang I Gelar Permainan Rakyat

219
Permainan rakyat di Desa Belitang I, Kecamatan Belitang dalam menyemarakan hari raya idul fitri 1438 hijriah.

BELITANG, LK – Banyak hal yang dilakukan masyarakat dalam menyemarakan hari raya idul fitri 1438 hijirah. Salah satunya yang dilakukan warga Desa Belitang I, Kecamatan Belitang yang melaksanakan permainan rakyat, seperti sepak bola, panjat pinang, gigit koin di buah semangka dan lomba dayung.

Brigadir Balian Taruna, Ketua Panitia Kegiatan Ketupat 2017 menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahunnya dalam perayaan lebaran, khususnya di Desa Belitang I. Ia yang juga Bhabinkamtibmas Desa Belitang I menuturka, pertandingan sepak bila yang dilaksankan juga mengudang Kecamatan Belitang Hulu, Belitang Hilir dan wilayah sekitarnya.

Balian mengatakan, dari beberapa perlombaan diantaranya sangat populer dan disukai masayrakat, terutama masyarakat Melayu di Belitang. “Kegiatan ini bertujuan semata-semata memeriahkan hari raya lebaran yang setiap tahun dilaksanakan dan juga bertujuan semakin mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia,” ujarnya.

Balian menambahkan, dalam perlombaan tersebut juga akan mendapatkan intensif pembinaan. Ia menegaskan, dalam kegiatan tersebut hadiah bukanlah hal yang diutamakan, melainkan semangat para peserta dalam perayaan lebaran.

“Karena setiap kegiatan yang mempertemukan orang banyak tentu sangat diharapkan kita, selain silaturhmi juga perayaan hari raya lebih terasa dihait para hati umat untuk bersyukur atas kemenangan, semoga kedepannya kegiatan ini terus ada dan ditingkatkan terlebih Desa Belitang Satu ini merupakan wilayah binaan saya,” pungkasnya. (ade)

LEAVE A REPLY