Jamalong, Wasit Sepak Takraw Terbaik Indonesia asal Kalbar Siap Tampil di SEA Games 2017

399
Wasit Internasional Sepak Takraw terbaik Indonesia asal Kalbar, Ahmad Jamalong, siap memimpin pertandingan SEA Games ke-29 di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-31 Agustus 2017.

PESTA olahraga terbesar negara-negara Asia Tenggara atau Southeast Asian Games (SEA Games), segera dihelat. SEA Games ke-29 ini akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-31 Agustus 2017. SEA Games kali ini akan mempertandingkan 38 Cabor dan memperebutkan 405 medali.

Pada SEA Games kali ini, beberapa atlet Cabor dari Kalbar juga akan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Mereka terpilih setelah tampil apik di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016. Mereka antara lain, Sylviana Cabor Billiard, ada juga atlet Panahan, Arif Gunawan, dan atlet Anggar, yang diwakili Verdiana Rihandini.

Selain para atlet tersebut, Kalbar juga akan diwakili oleh wasit terbaik di Cabor Sepak Takraw. Dia adalah Ahmad Jamalong, wasit Sepak Takraw berlisensi International Sepak Takraw Federation (ISTAF). Jamalong merupakan Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Pontianak.

Jamalong dipercaya oleh Presiden Asia Sepak Takraw Federation (ASTAF), Dato’ Abdul Halim bin Kadir. Kepercayaan ini diberikan, karena kiprah dan eksistensi Jamalong sebagai wasit Sepak Takraw terbaik Indonesia, yang sudah memimpin ratusan pertandingan di berbagai level, termasuk pertandingan internasional.

“Alhamdulillah, saya dipercaya kembali memimpin pertandingan di SEA Games. Ini adalah pengalaman yang kesekian kalinya, karena saya sudah beberapa kali memimpin pertandingan SEA Games,” ujar Jamalong, saat dihubungi lawangkuari.com, Selasa (4/7/2017).

BACA JUGA:Jamalong Punya Loby Kelas Tinggi untuk Majukan FPOK IKIP PGRI Pontianak

Pria ramah yang sudah lama mengabdi di Bumi Khatulistiwa ini merupakan Wasit Internasional Sepak Takraw terbaik asal Indonesia. Ia punya lincence ISTAF sejak tahun 2000. Saat ini ia juga menjabat sebagai Wakil Bidang Perwasitan Pengurus Besar (PB) Persatuan Sepak Takraw Indoensia (PSTI) masa bakti 2017-2022.

Wasit kelahiran Ujung Pandang, 4 Juli 1967, juga menjabat sebagai Kompetision Manager Cabor Sepak Takraw Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang, Indonesia. Saat ini ia terus mempersiapkan diri agar bisa tampil prima di SEA Games mendatang.

“Persiapan terus dilakukan, terutama dengan meng-update informasi terbaru terkait dengan berbagai perkembangan Sepak Takraw dunia. Selain itu, menjaga stamina, karena di SEA Games kita akan banyak memimpin pertandingan,” ujarnya.

Bagi Jamalong, tampil di SEA Games 2017 Kuala Lumpur Malaysia, tidak hanya memimpin pertandingan, namun dijadikan wadah pengenalan tentang semua Kalbar ke dunia internasional.

“Saya juga jadi duta bagi Kalbar, karena kontingen dan rekan-rekan wasit dari negara peserta sering bertanya tentang Kalbar, sehingga saya harus menjelaskan kondisi Kalbar, terutama potensi terbaiknya,” tutur Jamalong.

Jamalong mengharapkan ada dukungan dan doa dari seluruh pecinta olahraga di Kalbar. Selain itu, ia juga berharap, para atlet Kalbar yang tampil di SEA Games, bisa meraih hasil terbaik.

“Saya mewakili Kalbar, dan sangat berharap ada perhatian dari KONI, sebagai induk organisasi Cabor, Pemkot dan Pemprov, sehingga ke depannya, semakin banyak prestasi atlet dan wasit Kalbar di pentas dunia,” pungkasnya. (amy)

LEAVE A REPLY