Warga Khawatir Lewati Jembatan Sekadau-Rawak

89
BERLUBANG – Tampak jalan berlubang di sebuah jembatan yang berada di Jalan Rawak, Desa Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir. Jika tak segera diperbaiki, kerusakan tersebut khawatir menganggu jalur transportasi warga setempat.

SEKADAU, LK – Kondisi jembatan yang berada di Jalan Rawak, Desa Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir sudah dalam kondisi sangat parah.

Bahkan di sekitar jembatan terdapat lubang, yang besarnya lebih separuh lebar jalan. Kondisi tersebut semestinya segera ditanggulangi pemerintah daetah. Jangan sampai kemudian sudah ambruk baru bergerak.

Hal itu tentu akan memutus jalur transportasi warga setempat, yang telah menjadikan jalan itu sebagai akses vital arus transportasi orang maupun barang. Ruas jalan itu juga menghubungkan Kecamatan Sekadau Hilir dengan tiga kecamatan lain, yaitu Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap.

Sehingga, diharapkan kondisi amblasnya jembatan tersebut mendapat perhatian dari pemerintah, khususnya pemerintah provinsi untuk penangananya.

Terlebih kondisi kerusakan jembatan itu sudah terjadi cukup lama. Namun, belum ada upaya perbaikan khususnya dari pemerintah provinsi melalui Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Dinas Pekerjaan Umum Kalbar.

Suseno, salah seorang warga menuturkan, kondisi jembatan tersebut sudah turun. Dikatakan dia, bila kondisi tersebut dibiarkan maka jembatan tersebut dikhawatirkan akan ambruk.

“Saya melintas sudah turun jembatannya. Harus hati-hati kalau lewat, bisa saja ambruk setiap saat,” ujarnya, kepada lawangkuari.com, Jumat (7/7/2017).

Suseno berharap, pemerintah provinsi melakukan perbaikan jembatan yang menjadi akses utama menuju tiga kecamatan. Mengingat, jembatan tersebut berada di jalur provinsi yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Kalau ambruk ya putus lah akses ke tiga kecamatan di sana,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau, Heri Handoko Susilo mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau telah menyampaikan kondisi jembatan tersebut. Hanya saja, belum diketahui secara pasti kapan jembatan yang dekat simpang PT MJP itu diperbaiki.

“Sudah disampaikan ke UPJJ Provinsi bahwa jembatan itu rawan ambruk. Informasinya akan segera ditangani,” ujarnya singkat. (asm)

LEAVE A REPLY