Upacara Militer Tutup Rangkaian Hari Bakti Ke-70 TNI AU di Lanud Supadio

542
Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Pada upacara militer di main Apron Lanud Supadio, Sabtu (29/7/2017). Upacara ini menjadi puncak rangkaian Hari Bakti TNI AU ke-70 di lingkungan Lanud Supaido.

KUBU RAYA, SP – Rangkaian peringatan Hari Bakti TNI AU ke-70 di jajaran Lanud Supadio, ditutup dengan upacara militer. Kegiatan ini diikuti oleh segenap prajurit di jajaran Lanud Supadio, yang dilaksanakan di main Apron Lanud Supadio, Sabtu (29/7/2017).

Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Sementara Komandan Upacara (Danup), adalah Kepala Hukum (Kakum) Lanud Supadio, Mayor Sus T Hadi Prayitno.

Dalam sambutannya, Kasau menyapampaikan, peristiwa 29 Juli 1947, menjadi dasar peringatan Hari Bakti. Ada dua peristiwa penting, yaitu jiwa patriotisme dengan menorehkan tinta emas perjuangan TNI AU, untuk bangsa dan negara Indonesia.

Yang pertama adalah keberhasilan serangan operasi udara untuk pertama kalinya. Sedangkan yang kedua, adalah peristiwa duka cita yang mendalam, karena gugurnya putra-putra terbaik bangsa dalam misi kemanusiaan.

“Dari peristiwa tersebut, banyak nilai-nilai kepahlawanan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Ini merupakan semangat pengabdian yang tulus,” papar Kasau.

Makna yang terkandung tersebut, lanjut Danlanud adalah adanya semangat rela berkorban, untuk negara dan bangsa, serta tidak mudah menyerah. Semuanya sudah ditunjukan oleh para pelopor dan perintis TNI AU.

“Ini menjadi bukti nyata dari jiwa ksatria, militan, dan loyal kepada ibu pertiwi,” lanjut Kasau.

Peristiwa tersebut sudah 70 tahun berlalu. Namun sikap keteladanan yang telah ditunjukan oleh para pahlawan kusuma bangsa, hendaknya terus tumbuh subur. Sekaligus dapat dijadikan sebagai motivasi untuk selalu memberikan yang terbaik, dalam setiap pelaksanaan tugas baktinya, kepada Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI), melalui TNI Angkatan Udara.

“Dan sekarang kita diberikan amanah untuk menjalankan tugas sebagai penjaga dirgantara, dharma bakti apa yang bisa kita berikan kepada negara dan bangsa,” tambah Kasau.

Pada kesempatan tersebut, Kasau juga mengatakan harus disadari medan perjuangan dan pengabdian telah berubah. Demikian juga dengan tantangan tugas yang harus dihadapi, akan semakin berat dan kompleks.

Kepala Hukum (Kakum) Lanud Supadio, Mayor Sus T Hadi Prayitno, menjadi Komandan Upacara (Danup), saat upacara militer di main Apron Lanud Supadio, Sabtu (29/7/2017). Upacara ini menjadi puncak rangkaian Hari Bakti TNI AU ke-70 di lingkungan Lanud Supaido.

“Keterbatasan di berbagai bidang masih akan terus kita hadapi. Kondisi ini mengharuskan kita untuk berinovatif, berpikir rasional, dan bersinergi satu dengan yang lainnya, agar mampu mencari solusi terbaik disetiap hambatan yang dihadapi,” ujarnya.

Upacara yang berlangsung khidmat diikuti seluruh satuan kerja di jajaran Lanud Supadio, di antaranya Skadron Udara 1, Skadron Udara 51, Batalyon 465 Paskhas, Denhanud 473 Paskhas, Aparat Sipil Negara (ASN), ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I, anggota PPAU Cabang 40 Pontianak dan para Ketua Rukun Tetangga (RT) di sekitar Lanud.

Menurut Kadispers Lanud Supadio, Kolonel Adm Mukhtar Bakhrong, selaku Ketua Panitia peringatan Hari Bakti Ke-70 TNI AU menjelaskan, dalam rangka peringatan hari bakti ini Lanud Supadio telah melaksanakan kegiatan sosial.

Kegiatan tersebut antara lain, karya bakti berupa donor darah, membersihkan tempat ibadah, dan keraton Kadriah Pontianak. Kemudian ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya dan puncaknya melaksanakan upacara militer.

“Dan kita patut bersyukur karena seluruh kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.  Hal ini berkat adanya kerjasama yang baik antara segenap anggota Lanud Supadio beserta jajarannya,” tambahnya. (amy)

LEAVE A REPLY