Danwing7 Lanud Supadio Sukses jadi Danup HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka

535
Kolonel Pnb Muhammad Yani Amirullah, Komandan Wing (Danwing) 7, Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Pontianak, bersama KASAU, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, sebelum bertugas sebagai Komandan Upacara (Danup), HUT Kemerdekaan RI ke-72, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

KUBU RAYA, LK – Upacara detik-detik proklamasi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/8/2017), jadi salah satu momen terbaik bagi Kolonel Pnb Muhammad Yani Amirullah. Komandan Wing (Danwing) 7, Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Pontianak, dipercaya jadi Komandan Upacara (Danup).

Perwira menengah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1995 ini, dengan mantap dan penuh kepercayaan diri mengemban tugas negara yang diberikan kepadanya, sehingga sukses menjalankan amanah tersebut.

Menurut Danwing 7 Lanud Supadio ini, persiapan dan doa semua pihak, membuatnya lancar menjalankan tugas. Ia pun mengaku sempat deg-degan, saat akan memulai menjalankan tugasnya.

“Deg-degan dan nervous jadi bagian yang tidak terpisahkan saat akan memulai tugas, utamanya saat bertugas di hadapan para petinggi negara,” ujarnya saat dihubungi melalui saluran telepon, oleh lawangkuari.com.

Kolonel Yani menceritakan, ia tidak menyangka akan ditunjuk jadi Danup HUT Kemerdekaan RI ke-72. Saat itu, tepat pukul 07.00 WIB, ia bersama lima perwira menengah lainnya, dari matra udara, laut, darat dan kepolisian, dikumpulkan untuk mendengarkan pengumuman, siapa yang akan jadi Danup.

“Alhamdulillah, saat diumumkan, saya yang mendapat amanah. Kemudian kami dikukuhkan. Dalam hati, saya bersyukur, istighfar dan terakhir berdoa,” kata penerbang pesawat tempur Hawk 100/200.

Yani menceritakan, sebelum jadi Dandup di Istana Merdeka, ia juga pernah menjalankan tugas sebagai Danup saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67 tahun 2012 di halaman Kantor Gubernur Riau. Ketika itu, ia menjabat sebagai Komandan Skadron Udara (Danskadud) 12/Black Panther, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekan Baru.

“Selain itu, saya juga pernah jadi Danup pada peringatan HUT TNI AU ke-71, 9 April 2017. Saat itu, saya menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi (Kadis Ops) Lanud Roesmin Nurjadin,” tuturnya.

Kolonel Pnb Muhammad Yani Amirullah, Komandan Wing (Danwing) 7, Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Pontianak, yang dipercaya jadi Komandan Upacara (Danup), HUT Kemerdekaan RI ke-72, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Danwing 7 Lanud Supadio, kelahiran Semarang, 5 Mei 1972 ini, mengakui pemilihan kandidat Danup HUT Kemerdekaan RI, cukup ketat. Sejak diumumkan dan ditunjuk sebagai Danup hingga bertugas, Kolonel Yani dan lima Pamen lainnya yang mengikuti seleksi, saling menguatkan dan mendukung. Tujuannya, tugas dijalankan sukses, tanpa ada insiden apapun juga.

“Dari dikukuhkan hingga bertugas, saya lebih banyak berdoa, teman-teman seleksi juga turut mendukung. Kita kompak, siapapun terpilih, harus saling mendukung,” papar Kolonel Yani.

Seleksi sendiri awalnya diikuti 16 orang. Masing-masing matra TNI dan kepolisian mengutus 4 Pamen terbaiknya. Kemudian diciutkan jadi delapan orang, masing-masing 2, untuk TNI AD, AU, AL dan Kepolisian. Pada 2017 ini, Pamen yang diberi kesempatan adalah lulusan 1995 dan 1996, masing-masing 4 orang.

“Puji syukur, Alhamdulillah, tugas sangat mulai ini sukses ditunaikan. Saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT, terima kasih untuk orangtua, bapak dan ibu, istri dan anak, para senior, kawan-kawan yang ikut seleksi, Danlanud dan seluruh anggota Lanud Supadio, Panglima TNI, dan rekan-rekan wartawan,” katanya.

Keberhasilan Kolonel Yani sebagai Danup HUT Kemerdekaan RI ke-72, jadi prestasi membanggakan seluruh jajaran Lanud Supadio. Kolonel Yani sendiri, menjabat sebagai Danwing 7 sejak Senin (23/1/2017).

Ia menggantikan Kolonel Pnb Prasetiya Halim, dalam prosesi Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab), di Main Apron Lanud Supadio, yang dipimpin oleh Komandan Lanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, S.IP. (amy)

LEAVE A REPLY