Ahmad Jamalong, Wasit Sepak Takraw Indonesia Pimpin Final Tim Event SEA Games ke-29 Kuala Lumpur

5457
Ahmad Jamalong, wasit internasional berlisensi International Sepak Takraw Federation (ISTAF) jadi salah satu wasit Indonesia yang tampil di SEA Games XXIX 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (20/8/2017). Jamalong juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FIPOK) IKIP PGRI Pontianak.

PRESTASI Spektakuler dicatat oleh salah satu putra Kalbar di ajang olahraga internasional. Dia adalah Ahmad Jamalong, sawit terbaik Cabor Sepak Takraw Indonesia, yang berlisensi International Sepak Takraw Federation (ISTAF).

Pada pagelaran SEA Games XXIX Kuala Lumpur, Malaysia, Jamalong dipercaya memimpin partai final di kelas Tim Event. Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Pontianak ini, memimpin partai puncak tim event, yang mempertemuka Tim Sepak Takraw Indonesia melawan Thailand.

“Alhamdulillah, saya diberi kehormatan memimpin partai puncak Cabor Sepak Takraw tim event, yang mempertemukan Indonesia vs Thailand,” paparnya.

Sepak Takraw kelas tim event adalah pertandingan yang memakai sistem roundrobin  atau setengah kompetisi. Kelas ini diikuti oleh empat negara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Ahmad Jamalong (duduk) wasit internasional berlisensi International Sepak Takraw Federation (ISTAF) memimpin partai final kelas Tim Event, antara Indonesia vs Thailand, di SEA Games XXIX 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (20/8/2017).

Menurut Jamalong, pertandingan dimulai pada pukul 11.00 WIB, yang mempertemukan Malaysia vs Thailand, dan dimenangkan oleh Thailand, sementara partai kedua Indonesia vs Brunei Darussalam, dan tim Merah Putih memenangkannya.

“Indonesia terpaksa mendapat medali perak, karena kalah di partai puncak. Pertandingan berlangsung di Stadium Titiwangsa, Kuala Lumpur. Saya bangga dipercaya Asia Sepak Takraw Federation (ASTAF),” kata Jamalong.

Pria kelahiran Ujung Pandang, 4 Juli 1967, punya prestasi dan dedikasinya pada Cabor Sepak Takraw. Ia adalah Wasit Sepak Takraw dengan lincence ISTAF, yang sudah ratusan kali memimpin pertandingan level internasional. Ia juga menjabat sebagai Wakil Bidang Perwasitan Pengurus Besar (PB) Persatuan Sepak Takraw Indoensia (PSTI) masa bakti 2017-2021.

Saat ini, ia juga menjabat sebagai Kompetision Manager Cabor Sepak Takraw Asian Games (AG) 2018, di Jakarta dan Palembang, Indonesia. Ia mendapat kehormatan dari President ASTAF, sebagai wasit yang akan memimpin di pagelaran pesta multicabor terbesar di Asia Tenggara, yaitu ASEAN Games ke-29 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebagai wasit Sepak Takraw Indonesia, Jamalong baru saja mendapat penghargaan Excellent Award dari Presiden Asia Sepak Takraw Federation (ASTAF), Dato’ Abdul Halim bin Kadir .

Ahmad Jamalong (dua kiri) wasit internasional berlisensi International Sepak Takraw Federation (ISTAF) bersama Timnas Sepak Takraw Indonesia, yang meraih medali Perak kelas Tim Event, pada SEA Games XXIX 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (20/8/2017).

Bagi Jamalong, tampil di SEA Games 2017 Kuala Lumpur Malaysia, tidak hanya memimpin pertandingan, namun dijadikan wadah pengenalan tentang semua Kalbar ke dunia internasional.

“Saya juga jadi duta bagi Kalbar, karena kontingen dan rekan-rekan wasit dari negara peserta sering bertanya tentang Kalbar, sehingga saya harus menjelaskan kondisi Kalbar, terutama potensi terbaiknya,” tutur Jamalong.

Jamalong mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh pecinta olahraga di Kalbar. Selain itu, ia juga berharap, para atlet Kalbar yang tampil di SEA Games, bisa meraih hasil terbaik.

“Saya mewakili Kalbar, dan sangat berharap ada perhatian dari KONI, sebagai induk organisasi Cabor, Pemkot dan Pemprov, sehingga ke depannya, semakin banyak prestasi atlet dan wasit Kalbar di pentas dunia,” pungkasnya. (amy)

 

LEAVE A REPLY