Danlanud Supadio Puji Atraksi UKM Terjun Payung Untan di PKKMB

403
Atraksi Penerjun dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Tanjungpura (Untan), saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) Untan, di Lapangan Sepakbola Untan, Senin (28/8/2017). Atraksi ini diapresiasi oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) Minggit Tribowo, yang juga menjabat sebagai Ketum FASIDA Kalbar.

KOMANDAN Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) Minggit Tribowo, mengapresiasi kemampuan para penerjun payung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Tanjungpura (Untan). Kemampuan ini diperlihat para penerjun ini, saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) Untan.

Apresiasi ini disampaikan oleh Marsma Minggit, saat menyaksikan secara langsung atraksi delapan penerjun free fall UKM Terjun Payung (Terpa) yang bernaung pada Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (Fasida) Kalbar, Senin (28/8/2017), di Lapanga Sepakbola Untan. Danlanud sendiri adalah Ketua Umum Fasida Kalbar.

“Saya bangga dengan kemampuan penerjun UKM Untan. Mereka semakin bagus, dan terus menunjukkan kemampuan terbaiknya,” papar Danlanud.

Menurutnya, UKM Terpa Untan, yang bernaung di Fasida Kalbar, seringkali mengikuti kejuaraan di berbagai event nasional. Pada 2017 ini, mereka berhasil meraih medali perunggu saat tampil di Kejurnas Kasau Cup, untuk nomor ketepatan mendarat beregu putri dan juara 1 ketepatan mendarat perorangan putra junior.

Sebagai Ketum, lanjut Marsma Minggit, pihaknya terus mendukung berbagai upaya peningkatan prestasi para penerjun, melalui dukungan pada semua sektor, terutama sarana dan prasarana. Salah satunya adalah dengan mengirim penerjun junior, untuk berlatih di Pusdiklat Paskhas Bandung.

“Lanud telah mengirimkan lima calon penerjun. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para penerjun UKM Untan dan Fasida Kalbar,” ujar Perwira Tinggi Alumnus AUU 1991 ini.

KOMANDAN Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) Minggit Tribowo, (tengah) bersama Rektor Untan, Prof Thamrin Usman, usai menyaksikan aktraksi penerjun payung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Terpa Untan, pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) Untan, Senin (28/8/2017), di Lapangan Sepakbola Untan.

Selain dimeriahkan dengan aktraksi Terpa UKM Untan dan Fasida Kalbar, PKKMB dan PAMB Untan, juga dimeriahkan flypass pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara (Skadud) 1 Lanud Supadio.

Sedangkan para penerjun diterbangkan dengan menggunakan Helly Super Puma, dari Skadud 6 Lanud Atang Sandjaya, Bogor, yang BKO di Lanud Supadio dengan Pilot Kapten Pnb Endrik Setyo Utomo dan co pilot Letda Pnb Alberdo Putra Fabasqa. Para penerjun melompat dari ketinggian 5.000 feet, dan tidak lama berselang, semua parasut mengembang dengan sempurna.

Para peterjun ini dibagi jadi 2 run, masing-masing run terdiri dari 4 penerjun.   Untuk run pertama ada Winokus Roymondo, yang membawa bendera PKKMB. Kemudian Rabani, dan Feriansyah, membawa bendera UKM Untan, serta Ulva Andini.

Sementara pada run kedua, ada Ramli Ramlan, penerjun senior, yang juga pembina UKM Terpa Untan dan Sekretaris Penprov Persatuan Olahraga Dirgantara (Pordirga) Terpa Fasida Kalbar. Ia membawa bendera Civitas Akademika Untan. Ramli didampingi oleh Siti Nurmala, Mahmudah Ardhini Gemilang, Teguh Dwi Riyanto, yang membawa Bendera Merah Putih.

Atraksi Penerjun dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Tanjungpura (Untan), saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) Untan, di Lapangan Sepakbola Untan, Senin (28/8/2017). Atraksi ini diapresiasi oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) Minggit Tribowo, yang juga menjabat sebagai Ketum FASIDA Kalbar.

Rektor Untan, Prof Thamrin Usman, mengatakan, atraksi UKM Terpa Untan, benar-benar memukau para peserta PKKMB dan PAMB Untan. Kegiatan ini menandai penyambutan mahasiswa baru, dan dimulainya kuliah Tahun Ajaran 2017/2018.

“Semoga atraksi ini bisa jadi motivasi para mahasiswa baru, terutama yang berniat dan punya keinginan untuk bergabung dengan UKM Terpa Untan,” ujar Rektor Thamrin.

Pada Tahun Ajaran 2017/2018, Untan menerima 6.665 mahasiswa. Ia berharap selain menempuh pendidikan formal di bangku kuliah, para mahasiswa bisa aktif di berbagai pendidikan informal dan non formal, misalnya lewat ektrakurikuler di UKM-UKM. Salah satunya adalah di UKM Terpa Untan.

“Saya juga berterima kasih atas dukungan Lanud Supadio, terutama Danlanud, Marsma Minggit Tribowo, yang terus memberikan dukungan terbaik untuk UKM Terpa Untan,” pungkasnya.(amy)

LEAVE A REPLY