Rumkit Tingkat III dr Mohammad Sutomo Lanud Supadio, dapat Kunjungan Kerja dari DPR RI

270
Rumah Sakit (Rumkit) tingkat III dr Mohammad Sutomo Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, mendapat kunjungan dari 10 Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jumat (8/9). Kunjungan ini dipimpin oleh Mayjen Purn Supiadin AS.

KUBU RAYA, LK – Rumah Sakit (Rumkit) tingkat III dr Mohammad Sutomo Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, mendapat kunjungan dari 10 Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jumat (8/9). Kunjungan ini dipimpin oleh Mayjen Purn Supiadin AS.

Kedatangan para wakil rakyat ini, disambut langsung oleh Danlanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, S.IP, yang didampingi para pejabat di jajaran Lanud Supadio, Karumkit Letkol Kes dr MT Rahman, Sp.Rad, Kadiskes Kalbar, Andi Jap, dan perwakilan dari Puskes TNI serta Diskes TNI AU.

Dalam sambutannya, Marsma Minggit mengatakan menyambut dengan baik kedatangan anggota Komisi I DRP RI ke Lanud Supadio, khususnya ke Rumkit Tk III dr Mohammad Sutomo. Dengan adanya kunjungan ini, maka diharapkan para anggota Legislatif Nasionla ini, bisa mengetahui secara langsung kesiapan dan kondisi fasilitas kesehatan jajaran TNI di Kalbar, yang berdekatan dengan wilayah perbatasan.

“Tentunya banyak manfaat positif, yang jadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Rumkit Tk III Lanud Supadio, telah dipilih jadi obyek kunjungan kerja anggota Komisi I DPRI RI,” papar Danlanud.

Adanya kunjungan tersebut, lanjut Danland, maka keberadaan Rumkit Tk III d Mohammad Sutom dan Lanud Supadio, bisa memberikan manfaat yang maksimal, sesuai dengan tugas pokoknya.

Pada kesempatan itu, Danlanud juga menjelaskan, bahwa Lanud Supadio berkembang seiring dengan kondisi strategis nasional. Dengan kebijakan Presiden RI, yang memprioritaskan pembangunan wilayah perbatasan, juga berdampak pada perkembangan Lanud Supadio.

“Ini jadi bukti, bahwa pemerintah dan TNI, maupun TNI AU berkomitmen pada pengembangan wilayah di utara. Kini Lanud, yang tadinya bertipe B, sekarang sudah tipe A, sama dengan Lanud yang ada di Jawa, seperti Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Lanud Iswajudi, Madiun dan beberapa Lanud lainnya,” kata Marsma Minggit.

Danlanud juga menjelaskan, Lanud Supadio membawahi Wing Udara 7, yang memiliki Skadron Udara 1 dengan alutsistanya pesawat tempur Hawk 100/200 dan Skadron Udara 51 yang mengawaki pesawat nirawak.  Selain itu juga diperkuat dengan satu batalyon 465 Paskhas dan Denhanud 473 Paskhas.

“Keberadaan Paskhas ini tidak terlepas dengan pengembangan Lanud ini,” tuturnya.

Rumah Sakit (Rumkit) tingkat III dr Mohammad Sutomo Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, mendapat kunjungan dari 10 Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jumat (8/9). Kunjungan ini dipimpin oleh Mayjen Purn Supiadin AS.

Ketua tim Komisi I DPR RI, Mayjen Purn Supaindi AS, menerangkan kunjungan ini dalam rangka melaksanakan fungsi dan wewenang DPR RI, yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran. Sesuai dengan ruang lingkup dan tugas Komisi I DPR RI, yaitu bidang pertahanan, Luar Negeri, Intelijen, Komunikasi dan Informatika.

“Dengan demikian, Rumkit Tk III dr Mohammad Sutomo, Lanud Supadio adalah mitra Komisi I DPR RI di Kalbar. Dengan demikian, kita akan bekerjasama,” jelasnya.

Mayjen Purn Supiandi menambahkan, berkaitan dengan fungsi pengawasan, tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai kinerja mitra kerja Komisi I DPR RI di daerah dalam pemenuhan bidang kesehatan .

Dengan adanya kunker Panja Kesejahteraan prajurit ini, maka akan diketahui situasi dan kondisi mitra kerja Komisi I DPR RI di rumkit TNI di daerah, serta masalah yang dihadapi.

“Oleh sebab itu, dalam pertemuan ini sampaikan saja bila ada hal-hal yang menjadi masalah atau kendala di lapangan sehingga kami mendapat bahan untuk dijadikan evaluasi bersama agar menjadi lebih baik,” kata Mayjen Purn Supiandi.

Karumkit dr Muhammad Sutomo, Letkol Kes dr MT Rahman memaparkan, tugas pokok Rumkit menyelenggarakan dukungan kesehatan yang diperlukan dalam  setiap kegiatan operasi dan latihan TNI AU, meliputi dukungan kesehatan, pelayanan gawat darurat, perawatan umum, spesialistik dan kesehatan preventif serta penunjang kesehatan.

“Adapun fungsi Rumkit, menyelenggarakan dukungan kesehatan terhadap Lanud serta kegiatan operasi dan latihan TNI AU. Menyelenggarakan dukungan kesehatan (Dukes),” papar dr MT Rahman.

Dukes tersebut diaplikasikan dalam pembinaan kesapmataan jasmani, Keswa, psikologi dan ujibad. Kemdian menyelenggarakan kegiatan promotif dan preventif meliputi sanitas, imunisasi pelayanan kesehatan masyaraka.

“Selain itu, ada juga petugas lapangan kependudukan dan KB, menyelenggarakan pelayanan gawat darurat, menyelenggarakan perawatan umum, dan penunjang kesehatan di Rumkit,” pungkasnya. (amy)

LEAVE A REPLY