Perayaan 1 Muharam 1439 Hijriah di Sekadau

98
Pawai ta'ruf dalam rangka menyambut tahun baru islam 1439 hijriah di Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu.

BALAI SEPUAK, LK – Perayaan 1 Muharam di Kabupaten Sekadau berjalan dengan baik dan hikmad, pasalnya hampir semua kecamatan menyelenggara peringatan tersebut.

H Salim Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sekadau mengatakan, perayaan pawai taruf ini setiap tahun wajib dilakukan. “Bahkan melibatkan semua organisasi Islam, siswa-siswi beragama islam, dan komunitas islam lainnya. Dan setiap tahun kita lakukan,” ujarnya.

Menurutnyan, perayaan peringatan 1 muharam tentu ada menghiasi di beberapa kecamatan yang adan seperti di pusat kota Kabupaten dilakukan di Terminal Lawang Kuari Sekadau, sedangkan di kecamatan lain biasanya di desa yang berada di pusat kecamatan itu.

“Banyak partisipasi dalam rangka memperingati 1 muharam 1439 Hijriyah ini tentu ini adalah momen yang sangat baik menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat bagi umat dan bagi daerah,” ucapnya.

Sementara itu, warga Muslim balai sepuak Kecamatan Belitang Hulu juga melaksanakan pawai ta’aruf dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam 1 MUHARRAM 1439 Hijriyah.

Seperti yang disampaikan ketua PHBI Kecamatan Belitang Hulu, Harmaini mengatakan bahwa umat Islam bisa menyambut datangnya tahun baru islam dengan suka cita.

“Pawai yang dilaksanakan pada Kamis 21 September 2017 pada jam 07.00 pagi, Star awal pawai dari masjid Nurul Hidayah balai sepuak hingga mengelilingi wilayah perkampungan balai sepuak dan hingga kembali lagi ke masjid Nurul hidayah,” ungkapnya kepada lawangkuari.com.

Harmaini juga mengatakan, dimana pawai ini diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA, majelis ta’lim serta masyarakat muslim Balai Sepuak.

“Dalam pawai tersebut membawa spanduk tahun baru 1 MUHARRAM 1439 H dan dan membawa alat -alat kesenian yang bernuansa islami. Dalam momen pergantian tahun baru Islam ini saya mengingatkan agar kita semua selalu berbuat kebaikan dan senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah swt,” pungkas Harmaini. (ade)

LEAVE A REPLY