Lanud Supadio Tuan Rumah Latihan Bersama “Camar Indopura XXIV 2017”

701
FOTO BERSAMA - Danlanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) Minggit Tribowo, bersama para personel Lanud Supadio dan Republic of Singapura Air Force (RSAF), foto bersama usai pembukaan Latihan Bersama (Latma) Camar Indopura, di Lanud Supadio, Senin (9/10/2017).

KUBU RAYA, LK – Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, menjadi tuan rumah Latihan Bersama (Latma), antara TNI Angkatan Udara dengan Republic of Singapura Air Force (RSAF). Demikian rilis yang dikirim oleh Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Supadio, Letkol Filfadri, ke redaksi lawangkuari.com.

Latma ini bertajuk “Camar Indopura XXIV 2017”, dilaksanakan empat hari ke depan, Senin-Kamis (9-14/10), dengan melibatkan Alutsista Angkatan Udara kedua Negara. Yaitu dua pesawat patrol maritim (Patmar), pesawat Boing 373-200 dari Skadron Udara (Skadud) 5, Lanud Hasanuddin Makassar dan pesawat F-50 MPA dari 121 ST Sqn RSAF.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Direktur Latihan dari Lanud Supadio, Kolonel Pnb Reka Budiarsa dan Direktur Latihan dari RSAF, Kolonel Zakir Hamid di ruang rapat Base Operasional (Baseops) Lanud Supadio, Senin (9/10).

Danlanud Supadio, Marsekal Pertama Minggit Tribowo, bersama Exircise Director RSAF, Colonel Zakir Hamid, usai pembukaan Latma Camar Indopura, di Lanud Supadio, Senin (9/10/2017).

Kepada sejumlah awak media massa yang meliput kegiatan ini, Danlanud Supadio, Marsma TNI MinggitTribowo, S.IP mengatakan, Latma ini bertujuan meningkatkan kerja sama kedua negarak, hususnya antara TNI AU dengan RSAF.

“Kegiatan ini sebagai bentuk peningkatan kerja sama bidang kemiliteran, antara Indonesia-Singapura. Latma ini sudah berlangsung sejak bertahun-tahun, dan jadi sebuah langkah terbaik,” ujar Marsma Minggit.

Danlanud juga menerangkan, Latma di bidang operasi udara ini, diharap mendapatkan data-data terbaik tentang pengamanan wilayah laut kedua negara. Karena secara geografis, Indonesia-Singapura punya perbatasan laut yang cukup luas.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan dan professionalitas prajurit. Latma ini sangat penting, karena dapat  meningkatkan dan mempererat hubungan bilateral kedua negara,” papar Danlanud.

Breafing Latuhan Bersama (Latma) Camar Indopura, yang dibuka oleh Direktur Latihan dari Lanud Supadio, Kolonel Pnb Reka Budiarsa dan Direktur Latihan dari RSAF, Kolonel Zakir Hamid di ruang rapat Base Operasional (Baseops) Lanud Supadio, Senin (9/10/2017).

Menurut Marsma Minggit, Latma ini sangat mengutamakan safety dan keamanan, agar seluruh rangkaiannya dapat berjalan lancar. Dalam Latma ini, telah ditentukan rute dan misi operasionalnya, sehingga personel akan mendapatkan gambaran yang jelas terkait hasil Latma.

“Bagi Lanud Supadio, kegiatan merupakan suatu kehormatan karena dipilih jadi tuan rumah Latma. Semoga kegiatan ini bias berjalan lancar,” ujarnya.

Exircise Director RSAF, Colonel Zakir Hamid mengatakan, dengan adanya Latma ini, pihaknya bias mendapatkan berbagai pengalaman baru, dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit RSAF.

“Dari Latma ini, kami berharap bias mendapat ilmu dan pengalaman dari diskusi yang dilakukan. Kami berterima kasih dengan sambutan hangat dari Danlanud Supadio dan jajaran,” ujarnya. (amy)

LEAVE A REPLY