Upacara HUT ke-70 Paskhas di Batalyon Komando 465 Brajamusti, berjalan Khidmat

73
Komandan Wing (Danwing) Udara 7 Kolonel Pnb M Yani Amirullah, yang baru saja mendapat promosi sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Jayapura, mewakili Danlanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, S.IP, sebagai Inspektur Upacara (Irup), pada upacara HUT ke-70 Korpaskhas, sekaligus membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.

KUBU RAYA, LK – Batalyon Komando (Yonko) 465 Paskhas Brajamusti, menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Korps Pasukan Paskhas (Korpaskhas). Upacara ini berlangsung di Markas Komando (Mako) Batalyon 465 Paskhas Brajamusti, Selasa (17/10/2017).

Upacara ini dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Komandan Wing (danding) Udara 7 Kolonel Pnb M Yani Amirullah, yang baru saja mendapat promosi  sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Jayapura. Kolonel Yani, mewakili Danlanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, S.IP, sekaligus membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.

Dalam sambutannya Kasau mengatakan bahwa Korpaskhas secara historis telah menorehkan tinta emas, tepatnya 17 Oktober 1947 saat dilaksanakan operasi penerjunan pertama di Kotawaringin, Kalteng.

“Meskipun minim pengalaman dan perlengkapan namun prajurit Angkatan Udara saat itu, dengan  penuh semangat dan keberanian serta tidak gentar menghadapi bahaya siap diterjunkan menuju sasaran serta melaksanakan tugas tersebut dengan baik dan membanggakan,” kata Kasau.

Penerjunan prajurit Angkatan Udara ini, lanjut Kasau, membawa pengaruh yang cukup signifikan serta menambah moril terhadap semangat dan keberanian rakyat Kalimantan Tengah dalam mengusir penjajah yang masih bercokol di Bumi Kalimantan.

Komandan Wing (Danwing) Udara 7 Kolonel Pnb M Yani Amirullah saat mengecek pasukan dalam upacara peringatan HUT ke-70 Korps Pasukan Komando 465 Paskhas Brajamusti, Selasa (17/10/2017).

“Perjuangan Korpaskhas sebagai satuan berkemampuan tempur darat khas matra udara telah banyak mendharma baktikan diri dalam keikutsertaan di berbagai operasi, baik dalam pelaksanaan Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” ujarnya.

Kasau menambahkan beragam penugasan yang telah dilaksanakan sebaik-baiknya oleh para pendahulu Korpaskhas, hendaknya dapat dijadikan contoh atau tauladan bagi prajurit Paskhas saat ini dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta kekuatan Korpaskhas baik secara individu maupun satuan.

“Hingga pada gilirannya, Korpaskhas mampu tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pasukan andalan sekaligus kebanggaan yang dipercaya menjadi kekuatan pemukul Angkatan Udara di darat dengan ciri khas matra udara yang berbeda dengan pasukan lainnya,” jelas Kasau.

Upacara yang berlangsung khidmat dihadiri para Kepala Dinas, Komandan Satuan,  para Kepala Seksi di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 51 serta segenap keluarga besar Yonko 465 Paskhas dan Denhanud 473 Paskhas. (amy)

LEAVE A REPLY