Satuan Polisi Militer TNI AU Lanud Supadio Penegak Disiplin Prajurit

270
Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau) Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, menggelar Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin). Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (31/10/2017) tersebut, dipimpin langsung oleh sang komandan (Dansatpomau) Letkol Pom Hary M Ambon, di depan Graha Teddy Kustari (GTK), Lanud Supadio.

KUBU RAYA, LK – Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau) Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, terus menegakkan kedisiplinan prajurit. Salah satu caranya adalah dengan menggelar Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin).

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (31/10/2017) tersebut, dipimpin langsung oleh sang komandan (Dansatpomau) Letkol Pom Hary M Ambon, di depan Graha Teddy Kustari (GTK), Lanud Supadio. Demikian press rilis yang disampaikan Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Supadio, Letkol Sus Filfadri, kepada redaksi lawangkuari.com

Pada Gaktibplin ini, sejumlah personel Lanud Supadio, terjaring razia. Meskipun menggunakan seragam lengkap, anggota Satpoma tanpa ragu memberhentikan para anggota berbaju biru langit tersebut.

“Gaktibplin di lingkungan Lanud Supadio, bisa jadi kegiatan rutin ataupun eksidental. Misalnya pada waktu-waktu tertentu, seperti dalam rangka HUT POM AU ke-71, di lingkungan Lanud Supadio,” papar Letkol Pom Hary.

Dalam razia Gaktibplin tersebut, semua anggota, baik Tamtama, Bintara,Perwira,d an ASN di lingkungan Lanud Supadio, wajib menjalankan kedispilinan dalam berbagai hal. Khususnya berkendara dan kelengkapan pribadi sebagai seorang prajurit TNI.

“Kita berharap, setiap saat personel Lanud Supadio, dapat disiplin dalam berbagai hal, termasuk dalam berkendaraan,” katanya.

Menurut perwira dua melatih yang baru saja menjabat Dansatpomau di Lanud Supadio ini, kasus kecelakaan di jalan raya juga terjadi pada anggota TNI. Untuk itu, secara khusus, Lanud Supadio mewarning seluruh anggota supaya tertib berlalu lintas dan selalu berpegang teguh kepada safety.

“Kendaraan roda dua maupun roda empat kita periksa. Termasuk STNK, SIM, KTA dan surat pajak kendaraan. Kita berharap, anggota bisa tertib dan disiplin, agar tidak jadi masalah lainnya,” ungkapnya

Untuk kelengkapan kendaraan, lanjutnya, seperti kaca spion, lampu sen, lampu utama, plat kendaraan, safety belt bagi mobil dan kelengkapan lainnya, juga tidak luput dari pengecekan anggota Satpomau.

“Kepada segenap prajurit, agar selalu berhati-hati dalam berkendaraan. Selalu waspada dalam berkendaraan dan lengkapi diri dengan kelengkapan, seperti surat-surat kendaraan,” tuturnya.

Dansatpomau menambahkan disiplin anggota akan berimbas pada peningkatan profesionalitas anggota itu sendiri. Dengan adanya kelengkapan dalam berbagai hal, misalnya berkendara, maka anggota diharapkan jadi contoh bagi masyarakat umum, dalam kedisplinan.

“Seharusnya memang lengkap setiap saat, tidak hanya saat ada Gaktib dari Pomau. Ini lah yang terus kami sampaikan ke anggota, agar mereka bisa menjaga pribadi masing-masing, keluarga dan nama baik satuan,” kata Letkol Pom Hary.

Selain Gaktibplin anggota Lanud Supadio, Satpomau juga menggelar upacara peringatan HUT POM AU ke-71 di lingkungan Lanud Supadio. Upacara dipimpin oleh  Kepala Dinas Operasi (Kadisops), Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Rabu (1/11) di Main Apron Lanud Supadio.

Upacara yang berlangsung khidmat, diikuti segenap Jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Skadron Udara 51, Batalyon 465 Paskhas, dan Denhanud 473 Paskhas.

Kadisops yang membacakan sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.Ip,mengatakan, dalam diri setiap prajurit Pomau, hendaknya tertanam jiwa untuk senantiasa mematuhi hukum dan aturan yang berlaku serta menegakkan tata tertib dalam kehidupan keprajuritan.

“Prajurit Pomau harus bertindak independen dan mandiri dalam melaksanakan penegakkan hukum. Ke depankan hukum sebagai panglima dan selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan (arrogance of power) dan penyalahgunakan kekuasaan (abuse of power),” katanya. (amy)

LEAVE A REPLY