Upacara HUT ke-71 Pomau di Lanud Supadio Berjalan Khidmat

300
PANGKALAN TNI AU (Lanud) Supadio, menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) ke-71. Kegiatan ini berlangsung di Main Apron Lanud Supadio, Rabu (1/11/2017).

PANGKALAN TNI AU (Lanud) Supadio, menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) ke-71. Kegiatan ini berlangsung di Main Apron Lanud Supadio, Rabu (1/11/2017).

Bertindak sebagai Inspektur Ucapara (Irup) adalah Kepala Dinas Operasi (Kadisops), Kolonel Pnb Reka Budiarsa, yang mewakili Danlanud Supadio, Marsekal Pertama TNI Minggit Tribowo, S.IP. Kolonel Pnb Reka pun membacakan sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.

“Sejalan dinamika tantangan tugas, yang terus berkembang cepat, insan prajurit Pomau, dituntut senantiasa jadi contoh dan tauladan, bagi seluruh personel TNI AU,” papar Kolonel Pnb Reka, saat membacakan sambutan Kasau.

Oleh karena itu, lanjut Kadisops, prajutir Pomau, di manapun di tempatkan, tidak  membuat pelanggaran sekecil  apapun. Baik dalam kedinasan, maupun di kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan, jajaran Satpomau adalah tolok ukur kedisplinan anggota TNI AU.

Untuk itu, kata Kadisops, dalam diri setiap prajurit Pomau, hendaknya tertanam jiwa, agar senantiasa mematuhi hukum dan aturan yang berlaku. Wajib pula menegakkan Tata Tertib (Tatib) dalam kehidupan keprajuritan.

Inspektur Ucapara (Irup), Kepala Dinas Operasi (Kadisops), Kolonel Pnb Reka Budiarsa, yang mewakili Danlanud Supadio, Marsekal Pertama TNI Minggit Tribowo, S.IP, memeriksa pasukan peserta upacara dalam rangka HUT ke-71 Pomau, di lingkungan Lanud Supadio, Rabu (1/11/2017). Kolonel Pnb Reka juga membacakan sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.

“Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai penegak hukum dan Tatib, prajurit Pomau diharapkan terus menunjukkan eksistensinya. Yaitu, mampu melaksanakan fungsinya sesuai dengan hukum, Undang-Undang (UU) dan peraturan yang berlaku,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasau dalam sambutannya berharap, agar prajurit Pomau dapat bertindak secara independen dan mandiri dalam penegakkan hukum. Yaitu, mengedepankan hukum sebagai panglima dan selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan (arrogance of power) dan penyalahgunakan kekuasaan (abuse of power).

“Sikap-sikap buruk, dapat merusak citra Pomau selaku penegak hukum.  Untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut prajurit Pomau harus berdedikasi, memiliki kredibilitas, serta profesional,” ujar Kadisops.

Upacara yang berlangsung khidmat, diikuti segenap anggota di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Skadron Udara 51, Batalyon 465 Paskhas, Denhanud 473 Paskhas,  Usai upacara dilaksanakan acara syukuran di ruang VIP Room Lanud Supadio.

Dansatpomau Lanud Supadio, Letkol Pom Hary M Ambon, dalam kesempatan terpisah menyatakan, HUT ke-71 Pomau di lingkungan Lanud Supadio diisi dengan beberapa kegiatan, di antaranya Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Daktibplin) anggota Lanud Supadio dan upacara.

“Rencananya ada pula kunjungan silahturahim ke panti asuhan dan pertandingan olahraga. Namun, yang pasti, pada HUT kali ini, Satpomau Lanud Supadio, bertekad meningkatkan kinerja dan karya,” papar Letkol Pom Hary.

Perwira menengah dengan dua melatih di pundaknya ini menjelaskan, dedikasi dan peran Satpomau Lanud Supadio, pada Gaktibplin anggota, akan membawa anggota pada peningkatan profesionalitas.

“Anggota yang disiplin dalam berbagai hal, bisa meningkatkan prestasi, baik individu maupun satuan. Ini yang akan kita lakukan,” pungkasnya. (amy)

LEAVE A REPLY