Ketum KONI Apresiasi Danlanud Supadio dalam Pembinaan Olahraga Terpa

186

KETUA Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) Kalbar, H Fachrudin Darajat Siregar, mengapresiasi kiprah Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) Minggit Tribowo. Apresiasi ini diberikan atas dukungan dan pembinaan yang dilakukan Danlanud pada peningkatan prestasi Cabang Olahraga (Cabor) Terjun Payung (Terpa).

Menurut H Fachrudin, di bawah pembinaan Marsma Minggit, sebagai Ketua Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (FASIDA) Kalbar, berbagai aktivitas dan dukungan telah diberikan. Dukungan ini telah menunjukkan hasil terbaik, yaitu adanya peningkatan prestasi.

“Kita sangat bersyukur, ada pejabat negara yang telah memberikan dukungan terbaik pada pembinaan Cabor di Kalbar. Tentunya ini jadi kebanggaan kita,” kata H Fachrudin.

Dengan adanya dukungan maksimal dari Danlanud, papar H Fachrudin, ia optimis Cabor Terpa Kalbar bisa terus menunjukkan prestasi terbaiknya. Ia menyatakan, Cabor Terpa merupakan salah satu Cabor yang diharapkan bisa memberikan prestasi terbaik di berbagai ajang kejuaraan nasional.

KONI Kalbar, lanjut H Fachrudin, berharap agar semua pihak bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Lanud Supadio, dalam mendukung pembinaan atlet-atlet.

“Olahraga adalah salah satu bidang pembangunan, sehingga untuk pembinaannya, membutuhkan kerja sama semua pihak,” paparnya.

Danlanud Supadio, Marsma Minggit Tribowo mengatakan, peran Lanud untuk mendukung pengembangan olahraga sangat jelas. Dukungan ini dilakukan, agar eksistensi Lanud Supadio di masyarakat semakin nyata.

“Setidaknya ada tiga Cabor, yang jadi binaan Lanud Supadio, yaitu Terpa, Aero Modelling, dan Tinju. Kita berharap, dukungan ini jadi motivasi bagi para atlet memberikan yang terbaik,” ujar Danlanud.

Tidak sekedar pembinaan pada peningkatan prestasi saja, ujar Danlanud, namun juga terkait berbagai hal tentang pemenuhan masa depan atlet itu sendiri. Marsma Minggit menjelaskan, masa depan atlet yang gemilang, juga jadi perhatiannya.

“Bagi atlet yang memenuhi syarat, kita akan angkat jadi prajurit atau pun ASN di lingkungan Lanud Supadio. Agar ke depannya, mereka punya masa depan yang baik,” tuturnya.

Salah satu bukti adanya sinergisitas yang baik antara Lanud Supadio dan Pengprov Persatuan Olahraga Dirgantara (Pordirga) kalbar adalah saat para penerjun tampil memukau di Supadio Indonesia Jaya 2017. Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Lanud Supadio, dalam rangka memeriahkan HUT Persatuan Istri Anggota TNI AU (PIA) Ardhya Garini ke-61 di lingkungan Cabang D.I/19 Lanud Supadio.

“Kita bisa lihat kolaborasi apik dari para penerjun FASIDA Kalbar, yang merupakan para anggota Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Untan, dengan penerjun senior dari Yonko 465 dan Denhanud 473 Paskhas,” ujar Danlanud.

Terpa Kalbar, di bawah kepemimpinan Danlanud terus berlatih dan meningkatkan kemampuan. Hal ini tampak dari apresiasi yang diberikan Danlanud terhadap kemampuan terbaik mereka.

“Kita bersyukur, mereka semakin mahir. Dari ketepatan mendarat, akurasi, kerja sama di udara, dan beberapa hal lainnya, mereka semakin padu. Semoga ke depannya, mereka bisa membanggakan nama Kalbar di berbagai pentas nasional dan internasional,” pungkasnya. (amy)

LEAVE A REPLY