Jalan Rawak-Sekadau Ditimbun

21
Penimbunan ruas Jalan Sekadau-Rawak
SEKADAU, LK – Pemkab Sekadau merespon cepat keluhan para pengguna jalan yang mengeluh banyak banyak kerusakan dimana-mana. Yang terbaru, sejumlah titik di ruas jalan provinsi jalur Sekadau-Rawak, khususnya di KM 03 tak jauh dari kantor camat Sekadau Hilir juga sempat dikeluhkan warga yang hilir mudik. Sebab, di lokasi ini sudah muncul lubang-lubang berukuran cukup besar, disertai genangan air dan lumpur yang sudah pasti mengganggu arus lalu lintas.

Sabtu (2/12) kemarin, dilakukan penimbunan di lokasi tersebut oleh pihak swasta. Tentu saja itu atas dorongan dari Pemkab Sekadau. Bupati Sekadau, Rupinus bahkan sempat mondar-mandir di lokasi “mengawasi” penimbunan jalan.

Aleng, warga Selalong yang sebelumnya sempat mengeluhkan kondisi jalan di lokasi itu merasa bersyukur atas perbaikan tersebut.

“Artinya keluhan kita didengar. Walaupun pihak swasta yang mengerjakan, tapi ini bentuk kepedulian pemerintah daerah atas kepentingan warganya. Karena kalau nunggu dana pemerintah mungkin butuh waktu. Paling tidak bisa bertahan sampai lewat Natal dan tahun baru,” ujar Aleng yang setiap hari melintasi jalan tersebut, (2/12) petang.

Oni, warga Nanga Taman saat dihubungi melalui sambungan telepon Sabtu petang juga merasa bersyukur atas perbaikan tersebut.

“Cepat juga ya. Dua hari lalu saya lewat, saya juga ada ngomong sama abang minta dibuatkan beritanya, tahu-tahu sekarang sudah diperbaiki. Kita senang lah kalau keluhan kita ditanggapi,” ucap Oni.

Sementara itu,Bupati Sekadau Rupinus tak sengaja sepulang menghadiri acara pernikahan salah satu pegawai honorer sekretariat daerah kabupaten sekadau di rawak kecamatan sekadau hulu, sabtu sore 2 Desember 2017 melihat aktivitas penimbunanan ruas jalan provinsi- sekadau rawak yang sekarang ini kondisinya sudah mulai berlobang.

Melihat adanya aktivitas itu, Bupati Rupinus memilih turun dari mobil yang ditumpanginya dan langsung menuju titik jalan dimana jalan tersebut sedang dilakukan penimbunan.

Bupati juga sempat bincang-bincang dengan para pekerja. Tak lama setelah jalan itu selesai ditimbun bupati Rupinus pun langsung pulang menuju sekadau.

Menurut Bupati Rupinus, pemerintah kabupaten sekadau mengambil inisiatif melakukan penanganan darurat pada beberapa titik jalan provinsi Sekadau Rawak yang mengalami kerusakan. Hal ini dilakukan pertama untuk merespon permintaan masyarakat agar ruas jalan provinsi sekadau ini diperbaiki mengingat kondisinya sudah banyak berlobang, yang tentunya kalau tidak segera diperbaiki dikwatirkan menimbulkan korban pada pengguna kalan.

Persoalan kedua adalah tidak lama lagi akan menghadapi hari raya natal, yang kemungkinan besar akan ada peningkatan arus mudik pengguna jalan. Terhadap persoalan tersebut, maka pemerintah kabupaten sekadau mengambil inisiatif untuk melaakukan perbaikan darurat melalui CSR pihak ketiga sambil berkoordinasi dengan pihak provinsi.

“Kita terus berkoordinasi dengan pihak provinsi kalbar untuk penanganan kerusakan jalan provinsi antara sekadau dan rawak. Sambil proses ini berjalan, kita ambil inisiatif untuk diperbaiki dulu agar bisa dilalui oleh masyarakat. Karena kalau kita tunggu dari provinsi kan mungkin agak lama,” ujar Rupinus.

Untuk diketahui, saat ini ruas jalan provinsi Kalimantan Barat dari rawak menuju nanga taman dan sebagian menuju mahap kondisinya sudah mulus.

“Sekarang kalau mau k nanga taman-mahap hanya butuhkan waktu sebentar, jalannya sudah licin dan mulus. Untuk itu kami ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah provinsi kalbar dan pemerintah kabupaten sekadau yang secara terus menerus membangun infrastruk jalan,” ujar Hendrikus A salah satu warga nanga mahap.

Mengenai penanganan darurat di jalan Munguk Ransa, sontak ditanggapi pihak DPRD Sekadau, seperti diungkapkan Hasan Anggota DPRD Sekadau dari fraksi Demokrat, I mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas langkah cepat dari Pemkab menggandeng pihak ketiga melalui CSR nya.  “Cepat langkahnya. Kami apresiasi pak Bupati. semoga menjadi prioritas provinsi,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sekadau Albertus Pinus Juga ikut menyampaikan tanggapannya, dirinya ikut mendorong bahwa pihak swasta harus berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan di sekadau. “Memang anggapan orang pihak Swasta kalau tidak didorong bupati mungkin mereka tidur, tetapi Pak Bupati kita cepat ambil langkah ini kita sangat luar biasa, terimakasih kepada pak Bupati,”tukasnya. (asm)

LEAVE A REPLY