Ini Profile SMA Unggulan Pradita Dirgantara TNI AU, yang Memberikan Beasiswa Murni bagi Para Siswa Terbaik

332
Tiga perwira menengah Lanud Supadio, yang terdiri dari Kapen Letkol Sus Filfadri, Kakum Mayor Hadi Prayitno, dan Letkol Adm Hendriyani, saat sosialisasi ke SMAN 1 Sekura, KecamatanTeluk Keramat, beberapa waktu lalu.

PENDIRIAN sekolah unggulan SMA Pradita Dirgantara, yang dirintis oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, merupakan salah satu program unggulan TNI AU. SMA Pradita Dirgantara, terletak di Desa Ngresep Boyolali, dan akan menerima siswa baru pada ajaran 2018/2019.

Pembangunan pada tahap pertama dengan lahan seluas 3.2 Hektare.  Tujuan pendirian sekolah SMA unggulan Pradita Dirgantara antara lain untuk berkontribusi membangun SDM berkualitas dan unggul. Pada tahun pertama, SMA Pradipta Dirgantara menerima 150 siswa dari seluruh Indonesia.

Secara kurikulum dan asistensi, SMA Pradita Dirgantara bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS). Pada tahan pertama, telah dibangun fasilitas pendidikan, sarana olahraga, dan asrama. Secara kurikulum, SMA Pradita Dirgantara sama dengan sekolah umum

“Muatan-muatan kedirgantaraan, akan jadi mata pelajaran wajib, di samping pelajaran umum, sehingga lulusannya bisa melanjutkan ke Akademi TNI, kepolisian, atau perguruan tinggi,” tutur Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Supadio, Letkol Sus Filfadri.

Pembangunan sekolah unggulan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang unggul dalam kompetensi akademik, kepribadian, kepemimpinan, teknologi informasi sekaligus cinta Indonesia dengan semua nilai patriotismenya.

“SMA unggulan Pradita Dirgantara memberikan beasiswa murni kepada peserta didik. Yang artinya, sejak pendaftaran hingga selesai sekolah, siswa tidak dipungut biaya apapun,” papar Kapen.

Mengenai fasilitas pendidikan, ujar Letkol Sus Filfadri, SMA unggulan Pradita Dirgantara memiliki gedung utama untuk belajar mengajar, asrama putra dan putri, perpustakaan digital, laboratorium, gedung olah raga, kantin, masjid, gereja, pura serta perumahan bagi para guru.

Bagi siswa-siswi SLTP di Kalbar yang berminat, lanjut perwira asal Padang ini, bisa mendapatkan informasi di Lanud Supadio. Adapun persyaratan administrasi untuk bisa mengenyam pendidikan di SMA Unggulan Pradita Dirgantara antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan, lulus berijazah UN SLTP/setingkat tahun pelajaran 2017/2018.

Kemudian nilai rapor semester I s/d V untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika dan IPA masing-masing minimal nilai 90 dengan melampirkan rapor yang sudah dilegalisir, surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah, sehat jasmani dan rohani, persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama dan mematuhi peraturan yang ditetapkan di sekolah.

“SMA Unggulan Pradita Dirgantara menjadi salah satu rujukan model pendidikan terbaik di Indonesia. Kami jelas berharap, generasi muda Kalbar bisa memanfaatkannya,” ujar lulusan Sepa PK TNI AU tahun 2002 tersebut. (amy)

LEAVE A REPLY